Kampus

Atlet UKM Pencak Silat Unhas Raih Medali di Ajang Internasional

Atlet UKM Pencak Silat Unhas Raih Medali di Ajang Internasional

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Tiga Atlet Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih medali pada Bali Internasional Championship 2.

Perhelatan tersebut digelar pada Selasa hingga Kamis (5-7/7/2022) di GOR Praja Raksaka Kodam IX/Udayana, Kepaon, Denpasar Selatan.

Ketiga atlet tersebut, yakni Adriansah Rasyid (Fakultas Hukum) Juara 1 kategori Tanding Kelas D Putra Dewasa, Ananda Tri Nugraha Idris (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Juara 2 kategori Tanding Kelas F Putra Dewasa, dan Nurul Qalbi S (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan) Juara 2 kategori Seni Tunggal Putri Dewasa Tangan Kosong.

Adriansyah menuturkan keikutsertaannya dalam kejuaraan tersebut untuk menyalurkan minat dan bakat yang telah dimulainya sejak di bangku sekolah.

“Ini kami geluti sejak SMP dan saya pertahankan hingga dunia persilatan dalam kampus. Ajang kompetisi adalah ruang bagi kami untuk mengharumkan nama universitas, keluarga, dan diri sendiri,” tuturnya, Senin (11/7/2022).

Lebih lanjut, dia menyampaikan kejuaraan kelas dunia ini diikuti oleh sekira 1.500 peserta dari berbagai macam aliran perguruan, daerah, maupun universitas.

Sementara itu, Ananda Tri Nugraha menjelaskan bahwa persiapan mengikuti kompetisi tidak terlepas dari bimbingan dan pembinaan UKM pencak silat dengan mengadakan TC (Training Center).

“Dengan berat badan yang over untuk dipertandingkan pada kelas saya 70/75kg, maka saya berinisiatif menambah porsi latihan sendiri dengan cara olah raga rutin setiap hari agar dapat menurunkan berat badan,” jelas Ananda.

Adapun Nurul Qalbi membagikan tantangannya tersendiri sebagai atlet perempuan dalam dunia pencak silat.

“Sebenarnya tidak begitu berbeda pola yang diberikan. Tetapi itu justru membuat saya lebih semangat menjalani tiap latihan. Saya sendiri sudah tertarik sejak SMP terhadap dunia silat dan setiap kesempatan lomba, saya tidak ingin lepas dari bidang olahraga pencak silat,” tukas Nurul.

Dengan juara yang diraih, Tim UKM Pencak Silat Unhas menyampaikan bahwa pengalaman setiap kompetisi diharap dapat lebih memotivasi Atlet Pencak Silat Unhas lain pada persiapan kejuaraan selanjutnya.

 

(rls/hms)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });