Kampus

Berikut Masjid Kampus di Indonesia dengan Desain Termegah

Masjid/Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Tak hanya bikin adem, masjid-masjid kampus bikin betah mahasiswa karena fasilitasnya lengkap dan futuristik. Mengilhami bagaimana fungsi masjid di zaman Nabi Muhammad SAW, masjid-masjid dalam kampus di Indonesia tak hanya memiliki fungsi untuk beribadah.

Masjid-masjid yang berdiri di tengah-tengah civitas akademika juga selalu difungsikan sebagai sarana tempat bertukarnya informasi intelektual. Tak heran, banyak masjid-masjid kampus di Indonesia yang sengaja dibangun dengan desain yang paripurna.

Berikut 5 masjid-masjid kampus di Indonesia yang punya sarana, fasilitas, dan desain yang luar biasa.

1. Masjid Salman ITB

Berdiri di tengah-tengah panggung teknologi, Masjid Salman ITB adalah masjid kampus yang berdesain futuristik. Walau sekilas tak nampak seperti masjid, tempat ibadah mahasiswa ITB ini punya interior yang nyaman.

Dipenuhi dengan ornamen kayu dan konsep open space, para mahasiswa ITB dapat merasakan segarnya hawa Bandung ketika beribadah maupun melakukan aktivitas intelektual.

Dilansir dari laman resmi masjid ini, rektor yang menjabat saat itu, Prof. Ir. O. Kosasih awalnya tak setuju dengan dibangunnya masjid di area kampus. Namun, dengan berbagai usaha dari kepanitiaan yang mendukung dibangunnya masjid, akhirnya masjid ini diperbolehkan untuk berdiri.

Menariknya, masjid kampus yang dibangun pada 5 Mei 1972 ini juga mendapat restu dari Ir. Soekarno yang saat itu menjabat sebagai presiden.

2. Masjid Ar Fachruddin UMM

Masjid kampus termegah kedua adalah masjid Ar Fachruddin, Universitas Muhammadiyah Malang. Saking megahnya, bangunan masjid ini bisa terlihat dari beberapa lokasi.

Arsitektur yang unik juga membuat pengunjung terkadang bisa bingung ketika memasuki masjid ini. Sebagai sebuah masjid di area kampus, Masjid Ar Fachruddin sangat megah karena terdiri dari 5 lantai.

Di dalam masjid Ar Fachruddin, terdapat area ibadah yang sangat luas di beberapa lantai serta beberapa area perkuliahan, perpustakaan, dan perkantoran di dalam bangunan yang sama.

Menurut situs resminya, presiden saat itu, BJ. Habibie meresmikan pendirian masjid ini di tahun 1995.

3. Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI Depok

Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok adalah tempat yang sangat pas untuk para mahasiswa UI beribadah.

Masjid ini berdiri di samping danau, sehingga kesejukan dapat terasa bagi siapapun yang mengunjungi masjid kampus satu ini. Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI Depok ini juga tergolong mempunyai program yang sangat bagus untuk para jamaahnya.

Dapat dibilang, Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok mempunyai laman yang update serta program-program kajian yang dapat diikuti para civitas akademikanya.

4. Masjid Al Furqon, Universitas Pendidikan Indonesia

Dapat dikatakan, Masjid Al Furqon adalah masjid universitas yang cukup tua. Dikutip dari Islamic Tutorial Center Masjid Al Furqon, masjid ini awalnya hanya berbentuk mushola kecil di tahun 1964.

Dikarenakan minat aktivitas yang luar biasa, pada perkembangannya, rektor saat itu, Prof. Drs. H. M. N. Nu’man Somantri berinisiatif untuk membangun masjid kampus yang lebih baik.

Masjid dengan koridor mengular di depan bangunannya ini punya fasilitas kegiatan yang sangat supportif. Kemegahan Al Furqon UPI ini juga seakan menyambut siapapun yang memasuki area kampus karena letaknya yang berada di area depan kampus.

5. Masjid Kampus UGM

Lebih dikenal sebagai maskam UGM atau masjid kampus UGM, masjid ini mempunyai banyak fasilitas yang sangat kekinian dan elastis dengan situasi.

Salah satunya adalah kran wudhu tanpa sentuh yang dikembangkan seiring dengan adanya wabah COVID-19 sejak tahun lalu. Selain itu, Maskam UGM juga menyajikan beberapa fasilitas kajian yang dapat diikuti secara daring, seperti podcast atau forum berbasis video call.

Tak hanya punya interior dan kesan yang megah, bagian luar masjid kampus di kota Gudeg ini punya bagian luar yang sangat estetik, dilengkapi kolam dan hijaunya pohon-pohon yang mengitarinya.

Itu dia beberapa masjid kampus yang punya fasilitas dan arsitektur nan megah. Jika detikers melewatinya di perjalanan, tak ada salahnya untuk mampir!

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top