Kampus

ITS Diminta Dorong Pembangunan Nasional Melalui Inovasi

Menkeu Sri Mulyani menerima penghargaan 10 November dan cinderamata dari Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya, kemarin (10/11/2016).

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Civitas akademika Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya diminta untuk mendukung pembangunan nasional. ITS diharapkan dapat berperan besar dalam mendorong pembangunan melalui penciptaan berbagai inovasi teknologi.

“Inovasi adalah salah satu kunci penting bagi suatu negara untuk mengakselerasi produktivitas dan pembangunan ekonomi. Saya ingin agar inovasi yang diciptakan ITS dapat bermanfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat,” jelas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan orasi ilmiah dalam Sidang Dies Natalis ITS ke-56, di Graha ITS, Surabaya, kemarin (10/11/2016).

Menkeu menerangkan bahwa saat ini pemerintah juga akan berupaya untuk menciptakan iklim yang mendukung pengembangan dan pengaplikasian inovasi teknologi. Berbagai langkah yang telah diambil, antara lain reposisi lembaga pendidikan dan lembaga riset negara; pengembangan wahana interaksi dan kolaborasi antara industri, peneliti dan akademisi; serta penataan hukum yang mengarah pada riset dan inovasi.

“Saya berharap dalam usia yang telah melebihi setengah abad ini, ITS dapat terus mempertahankan dan meningkatkan reputasi internasionalnya. Pencapaian tersebut hendaknya juga dapat memacu ITS untuk berkarya dan berkontribusi lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Peran perguruan tinggi seperti ITS ini dinilai penting, sebab Indonesia masih menghadapi tantangan domestik dari segi infrastruktur yang belum memadai. Selain itu, tingkat inovasi dalam negeri yang masih rendah, serta pasar keuangan domestik yang belum berkembang, sehingga belum mampu mendukung pendanaan.

To Top