Kampus

Lolos 75 Besar Pelaksana PPK Ormawa, LDF RM FT UNM Terima Kunjungan Tim Kemendikbudristek

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Ahad (13/11/2022), Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Raudhatul Mujaddid (RM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) sebagai salah satu Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) menerima kunjungan Tim Visitasi PPK Ormawa Dirjen Belmawa Kemendikbudristek Tahun 2022.

Sebelumnya, dari 328 tim di berbagai perguruan tinggi Indonesia, LDF RM FT UNM menjadi tim yang lolos 75 besar pelaksanaan Program Penguatan Kapasitas (PPK) Ormawa.

Penilaian tersebut berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan, logbook dan pelaksanaan PKP.

Tim yang lolos hingga tahap visitasi, mempunyai peluar besar untuk maju dan menang di Abdidaya Ormawa tahun 2022 yang akan digelar di Bogor.

Untuk LDF RM FT UNM, visitasi dilakukan di Ruang Rapat Rektor Lantai 7 Menara Phinisi (untuk wawancara dan penilaian support system perguruan tinggi), juga di Dusun Pandala, Desa Laikang, Kabupaten Takalar (untuk penilaian keterlaksanaan program di lokasi mitra PKK Ormawa LDF RM FT UNM).

Diketahui tim LDF RM FT UNM menghasilkan teknologi tepat guna di desa Laikang dan menghasilkan produk produk dari pengolahan limbah.

Ketua Tim Reviewer Nasional PPK Ormawa Kemdikbudristek RI, Parmin, mengapresiasi LDF RM FT UNM karena telah mampu melaksanakan kegiatan dengan sangat baik.

“Saya sangat tertarik dengan kegiatan PPK Ormawa LDF RM FT UNM karena telah menghasilkan produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan tentunya juga sangat ramah lingkungan,” ungkapnya.

LDF RM FT UNM juga dinilainya sangat membantu desa dalam mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

“Mungkin ke depan produk ini dapat dipasarkan oleh Bumdes serta akan diikutkan dalam pameran pameran hasil inovasi yang dilakukan oleh desa, sehingga bisa menjadi contoh untuk desa desa sekitar,” tambah Parmin.

Senada, Kepala Desa Laikang mengatakan, program PPK Ormawa LDF RM FT UNM membantu pemerintah desa dalam mempercepat pembangunan berkelanjutan (SDGs Desa).

“Masyarakat betul betul merasakan manfaat dari kegiatan adik adik LDF RM FT UNM. Tentunya juga sangat membantu pemerintah desa dalam melakukan terobosan terobosan baru di desa, yang sebelumnya tidak dilakukan karena keterbatasan SDM,” jelasnya.

Dosen Pembimbing PPK Ormawa LDF RM FT-UNM, Moh. Ahsan, menyatakan bahwa program di Desa Laikang akan terus dimaksimalkan oleh timnya sehingga bisa dirasakan oleh semua warga desa.

“Kami akan terus melaksanakan dan mengembangkan program ini bersama sama dengan mahasiswa dan perguruan tinggi, sampai semua warga Laikang menerapkan dan merasakan manfaat dari produknya,” tegasnya.

Sementara itu, Sahrul Alam selaku Ketua Tim Pelaksana PPK Ormawa LDF RM FT UNM mengaku sangat bersyukur timnya bisa lolos sampai tahap visitasi .

“Ini tidak terlepas dari kerja keras tim, pengurus LDF RM FT UNM, dosen pendamping dan support sistem dari tim kemahasiswaan UNM. Semoga kita dapat sampai pada puncak kegiatan, yaitu Abdidaya Ormawa sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk LDF RM FT UNM dan perguruan tinggi,” ucapnya.

Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif tersebut juga berharap prestasi ini dapat memotivasi Ormawa lainnya di UNM untuk lebih produktif.

“Manfaatkan fasilitas yang diberikan Kemendikbudristek sehingga Ormawa ke depan mejadi pusat pembinaan softskill dan hardskill untuk menjadi mahasiswa unggul dan berdaya saing,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });