Kampus

Mahasiswa KKN Dituntut Mampu Beradaptasi dengan Masyarakat Desa

PALEMBANG, EDUNEWS.ID – Kehadiran mahasiswa dari Universitas Baturaja (Unbara) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) disambut baik pemerintah Kecamatan Peninjauan, OKU. Diketahui dibeberapa kegiatan pemerintah desa dan BPD melibatkan mahasiswa.

“Kepada perangkat desa dan BPD, saya berpesan prinsipnya untuk dapat mendukung dan memfasilitasi kegiatan KKN ini. Ajak dan libatkan mahasiswa dalam setiap kegiatan desa,” kata Camat Peninjauan, Feri Iswan.

Pemerintah desa dan BPD juga tidak boleh lupa untuk melibatkan partisipasi masyarakat desa secara aktif. Untuk bersama-sama membangundan membangun desa. “Terus jalin kerjasama dengan masyarakat,” imbuhnya.

Feri menambahkan, monitoring dilakukan dalam rangka pembinaan pelaksanaan KKN Unbara di wilayah Kecamata Peninjauan. Dalam kesempatan itu, Feri berpesan kepada para mahasiswa KKN untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan masyarakat desa. Menghormati norma-norma dan adat istiadat. Serta menjujung tinggi kearifan budaya lokal.

Bersama-sama perangkat desa dan BPD mengimplementasikan ilmu teoritis yang didapat dibangku kuliah. Dalam rangka mendukung dan mensukseskan program-program pemerintah dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan KKN katanya, sebagai sarana menempa diri sebagai bekal pengabdian kepada masyarakat. Peserta KKN harus dapat menjadi pelopor dan inspirator bagi masyarakat.

“Tentunya bisa bersinergi dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan desa. Serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

 

Sumber : Tribun Sumsel

To Top