Kampus

Mahasiswa STIK Rajawali Minta Pemerintah Daerah Talaud dan E2L Punya Integritas

Mahasiswa STIK Rajawali kembali menggelar aksi, Jumat (29/7/2022).

TALAUD, EDUNEWS.ID – Mahasiswa STIK Rajawali kembali menggelar aksi, Jumat (29/7/2022).

Kepada Pemerintah Daerah (Pemda), mereka menuntut menghadirkan Badan Penyelenggara STIK Rajawali Talaud yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Kami meminta Pemda menghentikan dukungan kepada YPIH pimpinan mantan Sarnes Lulian Ijong yang diduga telah menyelewengkan dana hibah peruntukan STIK Rajawali,” ungkap Koordinator Aksi, Jenov Malalangi.

Dari data yang diperoleh, tuturnya, pihak yayasan yakni Sarnes Lulian Ijong, menggunakan dana hibah Pemda tidak tepat sasaran.

Sarnes Ijong adalah Staf Khusus Bupati E2L-Elly Englebert Lasut Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dari kesaksian dosen maupun inspektorat yang dirangkum, total dana hibah pada tahun 2020 sekitar 650 juta ke Yayasan Pendidikan Internasional Herna, sedangkan yang terkirim ke STIK Rajawali Talaud pada tahun tersebut hanya 200an, juta sehingga patut dipertanyakan ke mana sisa dana 300 juta lebih.

Selain itu pada tahun 2021, yayasan diduga mengolah Dana Desa, seperti setiap desa diharuskan mengirim nama mahasiswa lalu membayar dana tersebut ke rekening Yayasan. Tetapi, nama mahasiswa tersebut tidak pernah mengikuti perkuliahan, bahkan tidak terdaftar di pangkalan data PDDikti.

“Sesuai Undang Undang Desa, Dana Desa tidak diperbolehkan untuk dikelola oleh pihak yayasan untuk mendapatkan keuntungan,” sambung Jenov.

Para dosen sudah dua tahun lebih tidak pernah digaji. Bahkan, yayasan terkesan mengganggu aktivitas perkuliahan dan pengajaran di Kampus STIK Rajawali.

Jonov melanjutkan bahwa Sarnes L. Ijong pernah divonis penjara terkait Tindak Pidana Korupsi dana beasiswa pelajar SMA dan SMK di Talaud.

Sarnes, terangnya, terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama sama dan menyalahgunakan kewenangannya.

“Kami meminta Kapolres, Inspektorat dan KPK memeriksa penyelewengan dana yang dilakukan oleh Staf Khusus Bupati tersebut,” seru mahasiswa dalam orasinya. (*)

Baca Juga :   Proses Pilrek UNM Buntu, Imbas Investigasi Kemendikbud Dugaan Pelanggaran
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com