Kampus

Mahasiswa UI Babel Bikin Try Out SIMAK UI

BABEL, EDUNEWS.ID – Sebanyak 15 orang yang tergabung dalam Himas Universitas Indonesia (UI) menggelar Try Out Nasional SIMAK UI (Penerimaan mahasiswa baru UI) di SMA 3 Pangkalpinang. Ke-15 mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa asal Bangka Belitung (babel) yang saat ini masih kuliah disalah satu universitas terbaik di Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang bertajuk ‘UI Goes to Babel’. Acara serupa juga sebelumnya sudah pernah digelar pada tahun 2016 lalu untuk mengenalkan UI kepada siswa di babel. Dalam kegiatan try out tersebut, sebanyak 271 peserta yang berasal dari hampir seluruh sekolah di bangka ikut mencoba soal yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa UI.

“Yang ikut ada sekitar 271 orang, ada dari SMA 1, SMA 3 pangkalpinang, santo yosep, sma 1 pemali, sma 1 belinyu, mentok, dan hampir setiap kota kecuali belitung, mungkin karena akses jadi gak bisa hadir,” ungkap ketua panitia, Adinda Hasibuan, Minggu (22/1/2017).

Selain mahasiswa UI, acara tersebut juga dibantu oleh 12 orang panitia lainnya yang merupakan bujang dayang babel. Ia mengatakan rata-rata yang mengikuti try out tersebut merupakan siswa kelas XII yang tidak lama lagi akan ujian nasional dan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

“Tapi ada juga yang sudah lulus masih ikut karena tertarik mau masuk UI. Memang tidak ada batasan, karena terbuka untuk umum,” tambahnya.

Dalam tes tersebut, pihaknya sudah menyediakan 120 soal yang terdiri dari 60 soal tes kemampuan dasar dan 60 soal saint tes.

“Soalnya dibuat sama mahasiswa UI tapi sudah diverifikasi lagi sama dosen. Tesnya juga dibuat dua sesi, ada ishomahnya juga satu jam,” ungkap Dinda.

Sebelumnya, mereka juga melakukan roadshow dan sosialisasi terlebih dulu mengenai UI dan memberikan tips dan trik agar bisa masuk.

“Roadshow kemarin kita sampai ke belitung. Banyak yang mengira masuk UI itu sulit, bayarnya mahal dan sebagainya, tapi sebenarnya tidak. Makanya acara ini digelar untuk memberi info bahwa masuk UI itu mudah asalkan belajar dengan serius,” terangnya.

To Top