Kampus

PKM Unismuh Tingkatkan Kapasitas Kelompok Usaha Madu Hutan Liar Tondon Tallassa Pangkep

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Madu pada umumnya memiliki rasa manis, nilai gizinya tinggi dan sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Setiap orang dapat mengkomsumsi madu, baik anak-anak, orang dewasa maupun manula. khasiatnya yang tinggi, banyak bahan makanan dan minuman yang dicampur dengan madu untuk meningkatkan khasiat makanan dan minuman tersebut.

Manfaat madu juga terbukti dengan tidak saja terbatas untuk bahan pangan, akan tetapi digunakan untuk yang lain, seperti obat tradisional maupun modern, untuk kecantikan, perawatan, kesehatan dan lainnya.

Dengan melihat potensi tersebut, Tim PKM Internal Unismuh Basri Basir MR mengatakan program tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Program ini adalah Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) internal Unismuh makassar tahun 2020 – 2021.Dijelaskan, PKM ini bertujuan melakukan peningkatan ekonomi melalui peningkatan kapasistas kelompok usaha madu hutan liar yang mengalami kesulitan dalam pemasaran hasil produksi dan juga legalitas dan akses pasar,” kata Basri dalam keterangannya disela sela acara pengarahan pada Peningkatan kapasitas kelompok usaha madu hutan liar diKecamatan tondon tallassa Pangkep.

Para kelompok usaha madu hutan liar hanya memasarkan hasil madunya secara tradisional pada daerah disekitar dengan menunggu pesanan dan juga menjual dipasar pasar tradisional Disamping itu, kelompok usaha madu hutan liar yang ada di daerah tondon tallasa ini produksi olahan dengan cara tradisional dan belum memanfaatkan teknologi.

Melalui program pengabdian ini, tim pengabdi dari Universitas Muhammadiyah makassar membuat program dengan melakukan modernisasi pelabelan dan brand produksi dan pengembangan peningkatan kapasitas usaha mereka. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai sejak 04 september sampai 5 september 2021.

“Dalam pengembangan pemasaran, mitra juga dilatih penggunaan media social sebagai media marketing atau promosi seperti facebook, youtube, twitter, instalgram, dan linked in,” ujarnya.

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman

Selain itu para pengusaha Madu tersebut mengucapkan terima kasih kepada LP3M Unismuh makassar telah memberi hibah pengabdian dalam bantuan pendanaan program pengabdian masyarakat tahun anggaran 2021-2022 Program Pengabdian Kepada Masyarakat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com