EDUNEWS

Rektor Untar : Kunci Kemajuan Perguruan Tinggi adalah Membuka Diri

Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan mengungkapkan salah satu kunci kemajuan perguruan tinggi (PT) adalah membuka diri.

Menurut Agustinus, dengan membuka diri ke dunia luas, maka PT akan lebih bisa berkontribusi dalam membangun negara dan masyarakat. PT memiliki banyak potensi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. Namun, semua potensi dan kompetensi yang dimiliki sebuah PT akan lenyap begitu saja jika tidak dikenal publik.

“Hasil karya dosen dan mahasiswa harus bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Agustinus saat membuka acara Media Gathering Untar dengan tema “Humas Bersinergi, PTS Bereputasi” di Kampus Untar, Jakarta, dalam keterangannya dikutip Jumat (10/12/2021).

Agustinus mengatakan, untuk bisa dikenal secara luas maka PT perlu bersinergi dengan media massa. Tanpa media maka akan sangat kesulitan bagi PT untuk mengenalkan hasil karyanya, baik itu jurnal, karya ilmiah, ataupun pemikiran akademik lain. “Sehingga, masyarakat pun tidak akan menerima manfaat atas keberadaan sebuah PT,” tandasnya.

Semua potensi yang dimiliki PT itu, ujarnya, bisa saja tidak akan terpublikasi dan dikenal masyarakat jika tidak ada peran media. Dia mencontohkan, kasus sumur resapan di DKI Jakarta yang belum lama ini viral. Pemberitaan sumur resapan yang massif itu akhirnya membawa media massa untuk menggali lebih dalam.

“Sumur resapan yang viral itu, pada akhirnya media juga meminta komen para ahli. Salah satunya dari Untar. Inilah yang dimaksudkan sebagai sinergi. Dengan seperti ini, maka potensi yang dimiliki PT akan bisa dikenal dan bermanfaat bagi pembangunan masyarakat,” ucapnya.

Kepala Kantor Humas Untar Paula Tjatoerwidya Anggarina mengatakan, kolaborasi PT dengan media adalah hal yang harus dilakukan. Menurut dia, Untar selama ini sudah menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai media. Program-program Untar pun sudah banyak yang terpublikasi melalui sarana media massa. (int/dtk)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });