Kampus

Segera Dibuka! Berikut Jadwal Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN 2024

KAMPUS, EDUNEWS.ID – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bagikan jadwal resmi terkait rangkaian Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) 2024 yang akan dimulai pada 14 Mei 2024 mendatang. Hal tersebut tercantum dalam Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor B/1977/M.SM.01.00/2024.

Dijelaskan bila seluruh pelaksanaan seleksi berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Sehingga, tidak hanya IPDN seluruh Sekolah Kedinasan yang membuka formasi di tahun 2024 juga segera melakukan pendaftaran di tanggal yang sama.

Lalu kapan pendaftarannya? Berikut ini penjelasannya dikutip dari postingan Instagram Humas IPDN, Rabu (8/5/2024).

Jadwal SPCP IPDN 2024
Pengumuman Pembukaan Seleksi: 14-28 Mei 2024
Pendaftaran di SSCASN-BKN: 15 Mei 13 Juni 2024
Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): 18 Juli – 6 Agustus 2024

Penjelasan Jadwal SPCP IPDN 2024
Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga, proses pengumuman pembukaan seleksi akan dilaksanakan secara serentak melalui portal masing-masing instansi dan BKN pada tautan https://sscasn.bkn.go.id/.

Pengumuman ini akan memuat informasi terkait:
Jumlah alokasi kebutuhan
Persyaratan pendaftaran
Tata cara pendaftaran
Jadwal pelaksanaan seleksi secara lengkap
Helpdesk lembaga

Selanjutnya proses pendaftaran akan dilakukan secara daring yang juga melalui portal https://sscasn.bkn.go.id/ dan/atau dilanjutkan dengan melengkapi proses pendaftaran pada portal IPDN nantinya. Untuk diingat, calon praja hanya bisa mendaftar pada 1 Sekolah Kedinasan.

Jika diketahui mendaftar lebih dari 1, calon praja akan dinyatakan gugur. Setelah berhasil mendaftar, proses seleksi akan dimulai dari seleksi administrasi dan seleksi SKD yang terdiri dari tiga materi soal yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan kebangsaan (TWK).

Baca Juga :   Seleksi Mandiri ITB 2024 : Berikut Syarat, Biaya Kuliah, dan Cara Daftar

Lembaga juga bisa memberikan seleksi lanjutan yang prosesnya diatur berdasarkan pedoman Sekolah Kedinasan masing-masing. Terakhir, bila calon praja lolos berhasil, pengumuman akan dilakukan oleh masing-masing lembaga Sekolah Kedinasan.

Syarat Pendaftaran IPDN
Meskipun belum diumumkan secara resmi, berikut syarat pendaftaran IPDN yang bisa dijadikan acuan berdasarkan syarat tahun lalu. Berikut informasi lengkapnya:

Syarat Umum
Warga Negara Indonesia
Usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 Januari tahun berjalan
Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita

Syarat Administrasi
Memiliki ijazah SMA/MA/Paket C yang memenuhi nilai ketentuan minimal 70 dan minimal 65 untuk pendaftar dari Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Barat Daya
Peserta lulusan luar negeri wajib memiliki ijazah penyetaraan dari Kemendikbudristek
Berdomisili minimal 1 tahun di kabupaten/kota, provinsi tempat mendaftar secara sah yang dibuktikan dengan KTP, KK, surat pindah dan dokumen lain yang berkaitan dengan domisili
Surat keterangan kelas 12 SMA/MA yang ditandatangani oleh kepala sekolah
Surat keterangan Orang Asli Papua bagi pendaftar dari Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Barat Daya
Pakta integritas
Alamat email yang aktif
Pas foto 4×6 mengenakan kemeja lengan panjang warna putih polos dengan latar belakang merah, tidak menggunakan kacamata

Syarat Lain
Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana akibat kejahatan
Tidak bertato, bertindik/memiliki bekas tindik di telinga atau anggota badan lain untuk peserta pria kecuali karena ketentuan agama/adat.
Tidak berkacamata
Belum pernah menikah atau melahirkan khusus pendaftar perempuan
Tidak pernah diberhentikan sebagai praja IPDN atau perguruan tinggi lain secara tidak hormat.

Baca Juga :   Sanksi untuk Alumni LPDP yang Tak Penuhi Kewajiban Kontribusi

sumber : detikedu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com