Kampus

Tim LDF RM Fakultas Teknik UNM Gelar Sekolah Lapang Program Kampung Iklim di Takalar

TAKALAR, EDUNEWS.ID – Tim PPK Ormawa Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Raudhatul Mujaddid (RM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) melaksanakan Sekolah Lapang Program Kampung Iklim Seri 1 di Dusun Pandala, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Ahad (29/8/2022).

Kegiatan ini berfokus pada penyuluhan dan pelatihan persiapan lahan, teknik penanaman dan teknik pengolahan limbah.

Hadir di lokasi Kepala Dusun Panda Desa Laikang, kelompok tani, tokoh masyarakat, siswa SMA Negeri 7 Takalar, masyarakat sekitar dan kelompok ibu rumah tangga.

Ketua Tim PPK Ormawa LDF RM FT UNM, Sahrul Alam, menjelaskan bahwa pihaknya sudah berada di Desa Laikang kurang lebih 1 bulan. Tim ini aktif berkegiatan dan berkomunikasi dengan pemerintah desa setempat.

“Saat ini kami sudah menggarap 3 demplot percontohan di Desa Laikang (Dusun Panda, Dusun Bodia dan Dusun Puntondo), yang nantinya akan digunakan sebagai lahan percontohan penggunaan pupuk organik dan pestisida alami dari pengolahan limbah pertanian, peternakan, dan limbah rumah tangga yang telah kami buat bersama dengan masyarakat,” ungkap Sahrul.

Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif itu melanjutkan bahwa demplot tersebut juga akan digunakan sebagai laboratorium pembelajaran, penerapan pertanian terintegrasi dan berkelanjutan, serta pertanian hemat air untuk masyarakat desa.

Dosen Pembimbing, Moh Ahsan S Mandra, menambahkan agar masyarakat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dapat memanfaatkan potensi lokal yang ada, dan nantinya hasil pengolahan limbah memiliki nilai jual.

“Selain teknologi yang dihasilkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan berbasis pengolahan dan pemanfaatan limbah, serta nantinya produk yang dihasilkan dapat bernilai jual dan menjadi produk wirausaha rumah” jelas Ahsan yang juga sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Penyuluh dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sulawesi Selatan, A. Tenri Ulfa Salam, mengapresiasi Tim PKK Ormawa LDF RM FT-UNM yang telah berkolaborasi dengan pemerintah provinsi.

“Saya sangat berterima kasih kepada teman teman mahasiswa karena telah memberikan wadah untuk belajar bersama dengan masyarakat. Kegiatan ini telah kami agendakan beberapa pertemuan sampai pada tahap pengolahan hasil,” tukasnya.

Sebagai bentuk kerjasama, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sulawesi selatan juga memberikan 1 kg trikoderma dan 1 bungkus bibit sayuran. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });