Kampus

Tim Peneliti STIA PRIMA Bone Tembuskan Publikasi Terindeks Internasional Bereputasi

BONE, EDUNEWS.ID – Tim Peneliti dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung dan Universitas Negeri Makassar sukses melaksanakan penelitian yang publikasinya terindex di penerbit internasional bereputasi.

Mulanya penelitian ini sudah dimulai sejak tahun 2020 lalu, dengan berbagai tahapan turun lapangan dan analisis data yang dilakukan, sehingga baru dapat menyelesaikan terbitannya di tahun 2022 ini.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung mengungkapkan kalau penelitian ini sudah cukup lama digodok.

“Penelitian ini sebenarnya sudah lama kami lakukan, termasuk dengan pengindeks internasional bereputasi saat itu (Scopus Q1),” katanya.

Awaluddin juga mengungkapkan alasan mengapa penelitian ini baru diterbitkan “Penelitian ini memang sudah lama kami lakukan, bahkan sudah menyasar penerbit ini sejak tahun 2020 lalu, namun hasil revisi dan reviewnya memang cukup panjang, ditambah kondisi covid kemarin,” jelasnya.

Sementara itu, sekretarisnya di LPPM, Feby Triadi juga menambahkan kalau dalam penelitian itu tidak ada data yang lama ataupun data yang baru.

“Saya kira dalam penelitian tidak ada data yang lama ataupun data yang baru, data itu akan tetap berbunyi sesuai dengan latar ruang dan waktunya, ini tergantung konteksnya” ujarnya.

Diketahui, sejak ditahun 2019 – 2020 Tim Peneliti dari STIA PRIMA Bone intens melakukan penelitian di daerah pesisir, melihat Ponggawa dan Sawi bekerja dalam relasi pertukaran untuk saling memenuhi kebutuhannya. Adapun hasil penelitian ini berbunyi jika ada hubungan yang saling tarik menarin antara Ponggawa dan Sawinya dalam relasi Patron dan Klien di Sulawesi Selatan pada umumnya.

Selain itu dalam penelitian, tim peneliti menyebutkan jika hubungan timbal balik ini sangat diwarnai dengan corak yang kultural, bahkan dalam dunia perdagangannya, mereka akan sangat resisten dengan pongawa-pongawa baru yang datang dan akan merusak sistem kerja mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com