Kampus

Tim PKM Unhas Sukses Fasilitasi KWT di Maros, Olah Daun Gamal Jadi Pakan Ternak

tim pkm universitas hasanuddin latih kwt di maros olah daun gamal jadi pakan ternak.

MAROS, EDUNEWS.ID – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) telah menggelar pengabdian masyarakat di Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros pada bulan Juli-Oktober 2022 lalu.

Pengabdian yang dilakukan berupa pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Pucak dalam memanfaatkan daun Gamal.

Tim dosen yang tergabung berasal dari Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unhas, yakni A. Masniawati, Elis Tambaru, Zohra Hasyim, dan Muh. Ruslan Umar.

Masniawati selaku ketua tim mengungkapkan, sebanyak 32 orang KWT Pucak telah diberi pelatihan mengolah daun Gamal menjadi produk pakan ternak yang bernilai ekonomi.

Ia menegaskan, pengabdian yang dilakukan tersebut merupakan wujud nyata Tridharma Perguruan Tinggi.

“Kita telah pelajari potensi daun Gamal yang banyak digunakan sebagai tanaman pagar warga dan punya nilai gizi tinggi. Maka kita pikirkan agar bagaimana warga bisa lebih memanfaatkan itu,” ungkapnya kepada media, Selasa (11/10/2022).

Eks Ketua PKK Sulsel ini melanjutkan, tim pengabdian turut memfasilitasi penjualan produk pakan ternak tersebut sehingga siklus permintaan dan penawaran tetap berjalan.

“Pelatihan telah selesai tapi kami tetap monitoring dan fasilitasi sampai ke penjualannya agar itu tetap berjalan. Kami juga kerjasama dengan Yayasan TernaKita, yang akan membeli hasilnya,” terangnya.

Masniawati lalu mengapresiasi respon masyarakat yang antusias saat menerima pelatihan oleh tim.

“Respon masyarakat sangat baik. Apalagi dengan ini, mereka bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk menghasilkan uang, di saat aktifitas pertaniannya sedang kurang,” ucapnya.

Dirinya pun berharap agar KWT yang telah mendapatkan pelatihan tetap konsisten menjalankan usaha pengolahan Gamal menjadi pakan ternak.

“Kita berharap masyarakat konsisten dalam melaksanakan upaya ini. Di satu sisi meningkatan pemberdayaan wanita tani, di sisi lain mereka dan perusahaan saling menguntungkan,” pungkasnya.

Baca Juga :   IPPM Pangkep UIN Makassar Gelar Bukber

Diketahui pengabdian masyarakat ini terlaksana melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unhas dalam program kemitraan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com