EDUNEWS

8 Kampus di Indonesia yang Alumninya Disebut Paling Cepat Dapat Kerja, Kampusmu ?

Ilustrasi Kerja

EDUNEWS.ID-Lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja menjadi salah satu indikator keberhasilan dari perguruan tinggi. Di Indonesia, alumni 8 kampus ini disebut-sebut paling cepat mendapatkan pekerjaan. Mana saja?

Daftar lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan tersebut dirilis oleh situs pemeringkatan universitas terpercaya dunia, QS World University Rankings (QS WUR) melalui skema QS Graduate Employability Rankings 2022.

Dilansir dari detik.edu, Kamis (30/12/2021), terdapat lima indikator yang digunakan dalam sistem penilaian oleh QS Graduate Employability Rankings 2022, meliputi:

1. Partnerships with Employers (25%)
2. Graduate Employment Rate (10%)
3. Employer-Student Connections (10%)
4. Alumni Outcomes (25%)
5. Employer Reputation (30%)

Alumni yang Cepat Dapat Kerja

Berdasarkan hasil penilaian, Universitas Diponegoro (Undip) menempati peringkat pertama dengan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Undip memperoleh nilai 96.5 untuk graduate employment rate, 84.2 untuk employer-student connections, 14.4 di employer reputations, 12.0 di alumni outcomes dan 6,4 untuk partnership with employers.

Berikut kampus yang lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan versi QS QS Graduate Employability Rankings 2022, dilansir dari situs QS Top Universities, Rabu (29/12/2921):

1. Universitas Diponegoro (Undip)
Undip menjadi kampus teratas dengan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Universitas yang berdiri di Kota Semarang ini memiliki 11 fakultas dan dua sekolah.

Peringkat: 251-300

2. Universitas Indonesia (UI)
UI menjadi kampus urutan kedua yang menghasilkan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Sebagai universitas yang menghasilkan tokoh-tokoh penting, UI memiliki 13 fakultas yang terdiri dari rumpun Ilmu Kesehatan, rumpun Ilmu Sains dan Teknologi, dan rumpun Sosial dan Humaniora.

Peringkat: 251-300

3. Universitas Airlangga (Unair)
Posisi ketiga adalah Unair. Kampus yang terletak di Surabaya ini memiliki 15 fakultas, satu sekolah pascasarjana, dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang terletak di Banyuwangi.

Peringkat: 301-500

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
ITB menempati peringkat keempat dengan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Perguruan tinggi yang berlokasi di Bandung ini memiliki tujuh fakultas dan 5 sekolah.

Peringkat: 301-500

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Urutan selanjutnya adalah UGM. Universitas yang berada di Yogyakarta ini memiliki belasan fakultas dan puluhan program studi dari rumpun Saintek maupun Soshum. Tepatnya sebanyak 18 Fakultas dan 69 program studi.

Peringkat: 301-500

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Perguruan tinggi terkenal dengan lulusan teknik terbaiknya ini menempati posisi keenam dalam kategori lulusan yang mudah mendapatkan pekerjaan. ITS memiliki 7 fakultas dan 39 jurusan atau departemen, yang mewakili rumpun keilmuan sains, teknologi, seni, dan humaniora

Peringkat: 301-500

7. Bina Nusantara University (BINUS)
BINUS menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta dengan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan versi QS Graduate Employability Rankings 2022. Universitas ini awalnya merupakan sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang berdiri pada 1974 silam.

Peringkat: 501+

8. Universitas Brawijaya (UB)
Terakhir adalah UB. Universitas yang berdiri pada tahun 1963 di Malang ini membuka program sarjana yang terdiri dari 15 fakultas dan program vokasi untuk jenjang D3 dan D4 di beberapa prodi.

Peringkat: 501+

sumber : detik.edu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top