Pendidikan

BAZNAS Salurkan Bantuan Pendidikan di Papua Barat

MANOKWARI, EDUNEWS.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan santunan berupa bantuan pendidikan kepada ratusan pelajar di Provinsi Papua Barat, Selasa (24/1/2017).

Ketua Baznas Papua Barat Ahmad Gunawan pada kegiatan yang dilaksanakan di Manokwari tersebut mengatakan, sebanyak 130 paket beasiswa diserahkan kepada pelajar SD, SMP, dan SMA serta mahasiswa/mahasiswi tersebut.

“30 orang pelajar SD, 30 orang pelajar SMP, dan 30 SMA dan 40 mahasiswa/mahasiswi,” kata Gunawan.

Pelajar dan mahasiswa penerima beasiswa tersebut berasal dari sejumlah kabupaten seperti Teluk Bintuni, Sorong, Fak-fak, dan Kabupaten Manokwari.

“Penyaluran santunan ini tidak kami lakukan secara serta merta, melainkan melalui proses verifikasi ketat. Tentu kegiatan ini bertujuan untuk membantu dan memotivasi mereka agar fokus meraih prestasi melalui program pendidikan yang mereka tempuh,” kata dia pula.

Dia menjelaskan, kegiatan ini adalah bagian dari program nasional Baznas. Program tersebut berlangsung di 28 provinsi Indonesia. Total beasiswa yang dikucurkan Baznas sebesar Rp.21, 6 miliar.

Dari dana tersebut, Papua Barat memperoleh jatah kurang lebih Rp774 juta.

“Ini merupakan salah satu manfaat dari zakat yang dikeluarkan umat muslim. Zakat sangat berperan dalam menekan kesenjangan sosial, membantu anak-anak untuk mengenyam pendidikan dan mewujudkan cita-citanya,” ujarnya.

Gunawan menambahkan, bantuan pendidikan atau beasiswa yang dibagi tersebut berasal dari zakat yang dihimpun dan dikelola oleh Baznas selama ini.

“Ini dana umat dan wajib dikelola untuk kemaslahatan umat juga. Kami sedang berusaha keras untuk mengembalikan dan menjaga kepercayaan umat kepada Baznas,” katanya.

 

Sumber : Antara

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com