Pendidikan

Disdik Yogyakarta Tambah 250 Unit Komputer untuk UNBK

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta akan melakukan pengadaan 250 unit komputer untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP pada tahun ini.

“Tambahan komputer baru ini ditujukan untuk SMP negeri. Selain dari Kota Yogyakarta, pemerintah pusat juga akan melakukan tambahan sekitar 50.000 komputer,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, kemarin (17/1/2017).

Ia berharap, pengadaan komputer baru tersebut sudah bisa dipenuhi sebelum pelaksanaan ujian nasional sehingga seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer bisa dipenuhi dan dipersiapkan sejak dini.

“Pada 2016, kami sudah melakukan pengadaan komputer untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer, namun belum semua kebutuhan sekolah terpenuhi. Tahun ini ditambah lagi,” katanya.

Jika kebutuhan komputer untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer jenjang SMP tidak bisa dipenuhi, maka Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta akan menempuh upaya lain yaitu berkoordinasi dengan SMA/SMK. Pada tahun ini, lanjut Edy, ada kebijakan bahwa pelaksanaan UNBK SMP tidak harus dilaksanakan di sekolah setempat tetapi bisa memanfaatkan SMA/SMK yang memiliki kelengkapan komputer.

“Kami sudah sampaikan surat ke Pemerintah DIY mengenai hal ini, dan kami pun menyiapkan aturan mengenai pelaksanaan UNBK SMP bisa dijalankan di SMA/SMK,” katanya.

Bagi SMP swasta yang berada di bawah naungan yayasan yang sama, Edy menjelaskan bahwa sekolah tersebut bisa saling berkoordinasi untuk memanfaatkan komputer yang ada di SMA/SMK.

“Masih ada dua sekolah yaitu SMP Perak dan SMP Gotong Royong yang tidak memiliki jenjang tingkat SMA di bawah satu yayasan. Kami akan bertanggung jawab terhadap mereka,” katanya.

Edy memastikan, meskipun menggunakan sarana komputer di SMA/SMK, namun pelaksanaan UNBK SMP tidak akan mengganggu ujian nasional atau kegiatan belajar mengajar di SMA/SMK karena jadwal ujian berbeda. UNBK SMP akan digelar dalam dua gelombang dengan masing-masing gelombang tiga shif. Gelombang pertama dilaksanakan pada 2,3,4, dan 15 Mei sedangkan gelombang kedua pada 8,9,10, dan 16 Mei.

Sedangkan ujian nasional SMA dijadwalkan pada 10-13 April dan SMK pada 2-6 April. Selain di jenjang SMP, UNBK juga akan dilakukan untuk siswa pendidikan kesetaraan terlebih saat ini status Sanggar Kegiatan Belajar sudah berganti dari unit pelaksana teknis menjadi satuan pendidikan.

To Top