Pendidikan

Gandeng XL, LPKA Inisiasi Pendidikan untuk Anak Lapas

ILUSTRASI NAPI ANAK

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Bicara pendidikan, tentu tak hanya berhak dimiliki oleh anak-anak yang ada duduk di bangku sekolahan. Anak-anak yang harus menghabiskan sebagian masa mudanya di lembaga pemasyarakatan juga tentu berhak mendapat akses pendidikan.

Jendela Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) adalah program yang diinisiasi beberapa anggota XL Future Leaders Batch 3 Bandung. Beberapa hari yang lalu, LPKA menggelar kegiatan Festival Anak LPKA di LPKA Sukamiskin, Bandung.

Festival ini berfokus untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan wawasan mengenai kewirausahaan pada usia muda. Senior Manager CSR and Communication XL, Axiata Anita Avianty, menjelaskan, program XL Future Leaders (XLFL) yang dimiliki PT XL Axiata Tbk (XL) mendorong mahasiswa untuk selalu mencari solusi bagi problem sosial di sekitarnya.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi digital, XL juga mengajak mahasiswa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menciptakan sarana digital yang bisa membantu mengatasi problem sosial, melalui program bernama Social Innovation Project.

“Selama tiga bulan terakhir, para peserta XLFL Bandung telah memberi pelatihan, seperti menjahit, melukis, dan berbagai kerajinan tangan lainnya,” ujar Anita.

Semua itu, lanjut dia, dilakukan untuk memberikan persiapan kepada para anak-anak binaan ketika nanti kembali ke masyarakat. Aspek digital marketing pun diperkenalkan untuk mematangkan latihan kewirausahaan bagi para anak binaan.

Namun, pemanfaatan internet yang tersedia di laboratorium memang harus selalu diawasi oleh para pembina di dalam lapas.

To Top