Pendidikan

GP Anshor Nilai Boarding School Merupakan Model Pendidikan Terbaik

ILUSTRASI SISWA MADRASAH

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) mengkritisi kebijakan yang tengah digulirkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tentang Full Day School.

Mohammad Amin, Ketua Bidang Pendidikan dan Tenaga Kerja Pimpinan Pusat GP Ansor berpendapat, model pendidikan setengah hari yang selama ini berjalan di sekolah-sekolah formal tidak cukup efektif untuk mewujudkan orientasi pendidikan yang komprehensif. Yakni siswa yang berilmu dan berkarakter seperti peduli pada sesama dan toleran, serta cinta tanah air dan bangsa.

“Bagi GP Ansor model terbaik pendidikan di Indonesia adalah boarding school,” kata Amin, Selasa (1/11/2016).

Oleh karena itu, GP Ansor mengusulkan agar model pendidikan yang diterapkan secara nasional adalah model pendidikan boarding school, bukan hanya full day school.

Amin bilang, jika pemerintah menganggap masyarakat belum siap dengan pemberlakuan model pendidikan boarding school, GP Ansor mengusulkan agar konsep full day school yang ingin diterapkan dimaksudkan sebagai sarana antara untuk menuju pemberlakuan boarding school.

“Dalam konteks ini, eksistensi madrasah diniyyah sudah terbukti mampu menjawab kegalauan pemerintah, terkait dengan kekurangan pendidikan formal setengah hari,” sebut Amin.

To Top