Pendidikan

Ini Manfaat Orang Tua Menemani Anak Membaca Buku

JAKARTA, EDUNEWS.id — Membacakan buku cerita untuk anak-anak bukan tidak ada manfaatnya. Justru ada banyak kelebihan yang bisa dipahami anak ketiak mendengarkan cerita yang disampaikan oleh orang dewasa, khususnya orang tua.

Kebiasaan membacakan cerita oleh orang dewasa untuk anak-anak harus menjadi sebuah kebiasaan. Bagi anak kecil yang masih belajar berbahasa, mendengarlan menjadi media penting untuk meniru kosakata.

Di samping belajar berbahasa, ada hal lebih penting lagi dapat dipelajari anak-anak, yaitu memahami karakter. Buku bacaan akan meyuguhkan pelbagai karakter dengan kondisi bermacam-macam. Dengan berdampingan bersama orang dewasa, anak akan lebih mudah memhami isu tentang kemanusian yang sudah diserap tapi terlalu berat untuk dipahami.

“Ketika Anda membaca buku ini dengan lantang, Anda dapat memberitahu dari ekspresi mereka bahwa mereka memiliki empati dalam berhubungan dengan karakter ini. Mereka mengerti apa yang karakter rasakan,” kata Sharon Rawlins relawana muda dari New Jersey State Library dan Ketua Collaborative Summer Library Program, dikutip dari Independent, Senin (15/8/2016).

Meluangkan waktu untuk membaca dengan anak-anak tidak hanya akan membantu kemampuan membaca, pemahaman dan kosa kata untuk anak-anak. Tapi juga memperkuat IQ emosional mereka. Dengan cerita, anak akan belajar jika tidak ada kesempurnaan dalam hidup tapi mereka dapat berbuat lebih baik.

To Top