Pendidikan

Menteri Pendidikan se-ASEAN Gelar Wokrshop Bahas Program Pendidikan Berkelanjutan

 

 

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO) dan Organisasi Menteri-menteri Pendidikan ASEAN atau SEAMEO bersama Direktorat Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan workshop tentang pendi­dikan untuk pembangunan berkelanjutan.

Workshop yang digelar di Yogyakarta pada Senin (19/3/2018) hingga Selasa (20/3/2018) ini dilakukan dalam upaya untuk mempercepat pelaksanaan program pendidikan berkelanjutan (Education for Sustainable Development/EDS) yang telah lama dicanangkan UNESCO.

“ESD sudah dicanangkan oleh UNESCO beberapa ta­hun lalu dan sekarang menjadi bagian dari sosialisasi. Untuk Asia Tenggara, UNESCO menggandeng SEAMEO karena SEAMEO membawahi 11 negara,” kata Kepala kantor SEAMEO di Bangkok, Gatot Hari Priowiryanto.

ESD, menurut Gatot, sudah ada di kurikulum dan tinggal di repackaged kembali dengan mengembangkan objective-based learning. “Integrasi ESD ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada di masing-masing wilayah,” katanya.

To Top