EDUNEWS

MGMP dan AGSI DKI Jakarta Gelar Lawatan Sejarah

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Guru Sejarah yang tergabung dalam Kepengurusan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah dan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) DKI Jakarta menggelar lawatan sejarah.

Lawatan sejarah MGMP Sejarah dan AGSI DKI Jakarta akhir Semester Pertama tahun pelajaran 2018-2019 ini mengambil tema, “Menelusuri Jejak Sejarah dan Peradaban Banten”,Sabtu (15/06/2019).

Kegiatan lawatan sejarah yang diikuti oleh 30 peserta Pengurus MGMP Sejarah dan AGSI DKI Jakarta ini mengunjungi, diantaranya Keraton Kaibon, Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, Keraton Surosoan, Masjid Agung Banten, Benteng Spellwijck, Situs Banten Girang, Goa Purbakala Banteng Girang dan Museum Multatuli.

Menurut Ketua Umum MGMP Sejarah DKI Jakarta, Warsono, M.Pd Kegiatan lawatan sejarah menjadi tradisi organisasi yakni MGMP Sejarah dan AGSI DKI Jakarta sebagai rangkaian penutup kegiatan akademik sekolah yang dilaksanakan setiap akhir semester.

“Dan saat ini kami mengambil tema jejak sejarah dan peradaban Banten Lama” katanya.

Secara terpisah Suparman, S.Pd, Ketua Umum AGSI DKI Jakarta menambahkan bahwa kegiatan lawatan sejarah selain sebagai sarana rekreasi wisata sejarah pasca kegiatan akdemik selama satu semester ini juga menjadi wahana menambah pengetahuan dan pengalaman baik secara akademik, emosional dan juga spiritual guru sejarah.

“Sebagai bahan pembelajaran nantinya di ruang-ruang kelas atau dapat juga menjadi referensi untuk bersama siswa melaksanakan studi lapangan ke situs-situs sejarah, tambahnya.

Kegiatan lawatan sejarah ini juga melibatkan MGMP Sejarah dan AGSI Banten serta tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten. Sebagai narrator dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten, Ibu Siti Rohani yang juga terlibat langsung dalam eksafasi benda-benda sejarah Banten.

To Top