Pendidikan

Peserta UN di Gresik Dibikin Pusing Soal Matematika

 
 
GRESIK, EDUNEWS.ID – Para siswa peserta UNBK benar-benar dibuat pusing dengan kategori soal higher order thinking skills (HOTS). Itu benar-benar muncul dalam soal matematika pada hari kedua ujian nasional SMP sederajat Selasa (24/4/2018). Pernah dipelajari, tetapi soalnya menuntut penalaran tingkat tinggi.
Banyak peserta unas SMP/MTs sederajat yang mengeluh. Memahami soalnya saja sulit, apalagi menjawabnya. Rata-rata menyatakan memang pernah mempelajarinya. Namun, tetap saja tidak mudah menjawabnya.
“Bolak-balik saya hitung, jawabannya tetap tidak ketemu,” tutur Anisa Fitriani, peserta unas di SMP Negeri 1 Gresik.
Anisa menyebutkan, dari 40 butir soal matematika, ada 4-5 soal yang sangat sulit. Butuh analisis yang cermat. Bahkan, remaja 15 tahun itu beranggapan bahwa tidak ada yang benar dalam jawaban pilihan ganda untuk soal-soal tersebut.
“Tadi sudah saya hitung, tidak ada jawaban yang cocok di pilihan ganda. Apa saya yang salah hitung,” ucapnya.
Hal senada diakui Rahmad Rizky, 15. Dia menuturkan, yang sulit sekitar sepuluh soal matematika. Selebihnya sedang dan gampang. “Semua pernah dipelajari. Tapi tetap sulit menjawabnya,” katanya.
Peserta unas SMPN 2 Kebomas mengeluhkan hal serupa. Kepada Jawa Pos, para siswa mengakui bahwa seluruh soal pernah dipelajari, tetapi tetap saja ada yang sulit. Jumlahnya 5-10 soal. “Salah satunya melibatkan angka-angka besar,” ujar siswi SMPN 2 Kebomas Nabilatul Laila.
Soal yang sulit itu menyangkut aritmatika, geometri, dan persamaan garis. Soal bahasa Indonesia pada hari pertama Senin (23/4/2018) dirasa jauh lebih mudah. “Kalau bahasa Indonesia, enteng. Matematika yang agak sulit,” ungkap Amirudin, siswa SMPN 1 Benjeng.

To Top