Pendidikan

Prihatin, Begini Kondisi Pendidikan di Aceh Tengah

Mobil rombongan Kepala Kanwil Kemenag Aceh berjibaku melawan medan yang berat untuk sampai ke MIS Kala Wih Ilang, Aceh Tengah.

ACEH, EDUNEWS.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh berjanji pada 2017 ini akan membangun ruang kelas untuk Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kala Wih Ilang, Pegasing, Aceh Tengah. Kondisi sekolah ini sangatlah memprihatinkan karena masih berlantaikan tanah dan dinding papan.

Janji pembangunan ruang kelas bagi MIS Kala Wih Ilang ini disampaikan langsung Kepala Kawil Kementerian Agama Aceh M Daud Pakeh saat mengunjungi MIS Kala Wih Ilang.

Untuk sampai ke lokasi, Daud Pakeh bersama rombongan harus menggunakan mobil khusus untuk medan offroad dan berjuang dengan medan sangat berat. Kondisi ruas jalan yang berlumpur membuat  beberapa kali mobil rombongan harus berjuang ditarik dari lumpur.

Perjalanan yang harusnya ditempuh tidak lebih dari 1 jam, menjadi lebih panjang hingga lebih dari 5 jam. Saat tiba di lokasi, Kakanwil disambut guru beserta siswa MIS Kala Wih Ilang dan masyarakat setempat.

Daud Pakeh menyaksikan sendiri fasilitas pendidikan anak pedalaman Aceh tersebut. Di hadapan masyarakat dan guru, Daud Pakeh mengatakan, semua anak Indonesia berhak untuk mendapat pendidikan yang sama.

“Anak-anak di sini juga berhak mendapat pendidikan yang sama dengan saudaranya di kota, mutiara ini telah bersinar. Kita harus menyelamatkan mutiara-mutiara ini,” ujar Daud Pakeh, pada Minggu (22/1/2017).

Daud Pakeh menjanjikan pada 2017 akan dibangun tiga ruang kelas untuk proses belajar mengajar para siswa.

“Kondisi madrasah ini sangat memprihatinkan, Insha Allah tahun ini akan segera dibangun tiga ruang belajar,” katanya.

Daud Pakeh juga berharap peran Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk memperbaiki sarana jalan menuju ke Desa Kala Wih Ilang, agar hambatan yang selama ini dialami tenaga pengajar yang bertugas di sana dapat teratasi.

Daud Pakeh secara langsung juga menyampaikan terima kasih kepada SINDOnews, yang telah mengangkat informasi kondisi pendidikan madrasah di pedalaman Aceh yang belum tersentuh.

 

Sumber : Sindo

To Top