Pendidikan

Senin depan, Kemendikbud Gelar Konferensi Nasional Sejarah X

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Konferensi Nasional Sejarah X (KNS X) di Hotel Sahid Jakarta, tanggal 7 hingga 10 November 2016. Tema yang diangkat dalam konferensi tersebut adalah “Budaya Bahari dan Dinamika Kehidupan Bangsa dalam Perspektif Sejarah”.

“Maritim saat ini menjadi fokus pemerintah, dan tentu ini kontribusi dari para sejarawan, memberikan pandangan dari sudut pandang sejarah mengenai kehidupan maritim di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjen Kebudayaan) Kemendikbud, Hilmar Farid dalam konferensi pers tentang penyelenggaraan KNS X, di kantor Kemendikbud Jakarta, kemarin (3/11/2016).

Sebanyak 315 peserta menyatakan akan hadir dalam Konferensi Nasional Sejarah tahun ini.

“Mereka dari berbagai kalangan: dosen, para peneliti, juga mahasiswa di bidang sejarah, dan sejumlah komunitas di bidang sejarah,” tambah pria kelahiran Bonn Jerman tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Mukhlis Paeni, mengatakan bahwa pemilihan tema bahari ini erat kaitannya dengan Nawacita yang digagas pemerintah saat ini.

“Ini dalam rangka menopang Nawacita dan juga arah pembangunan nasional, saat ini diarahkan ke pembangunan kebaharian,” kata Mukhlis.

Dalam konferensi ini akan dijawab pertanyaan apakah budaya bahari masih dimiliki bangsa Indonesia.

“Apakah masyarakat Indonesia masih memiliki akar budaya bahari? ataukah masyarakat dan budaya bahari hanya sekedar impian? itu nanti akan dijawab,” tambah lulusan Universitas Gajah Mada tersebut.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com