Pendidikan

Sering Banjir, Pendidikan di Musi Rawas Tetap Berjalan

ILUSTRASI BANJIR

MUSIRAWAS, EDUNEWS.ID – Empat Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan dilanda banjir. Namun hal itu tidak berdampak pada pendidikan di Kabupaten Mura. Daerah yang sering menjadi langganan banjir ini terletak di Kecamatan Muara Kelingi, Kecamatan Muara Lakitan, BTS Ulu Cecar, dan kelurahan Muara Megang.

“Sekarang kita usahakan pendidikan tidak terganggu, apalagi program pak Bupati melalui program Mura Sehat, Mura Cerdas sedang kita giat-giatkan. Jadi itu tidak ada pengaruhnya,”ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kaupaten Mura Isbandi Arsyad, kemarin (22/11/2016).

Bahkan ia menyampaikan banjir yang terjadi di empat daerah tersebut sudah langganan dari zaman dahulu, dan tanpa ada instruksi dari Dinas Pendidikan (Disdik) pun mereka sudah meliburkan diri, sedangkan ketika banjir sudah mulai surut maka tanpa diingatkan oleh Disdik mereka akan belajar seperti biasa.

“Mana mungkin kita mengorbankan anak-anak didik kita. Pada ketika sekolahnya banjir otomatis kita menyelamatkan mereka dulu. Dan ketika air surut belajar mengajar tetap jalan,” ungkapnya.

Sementara ketika disinggung mengenai rencana memindahkan sekolah yang rawan banjir ke sekolah yang tidak rawan banjir. Ia menegaskan untuk hal semacam itu kemungkinan akan masuk dalam program jangka panjang.

“Karena banjir itu tidak selamanya, paling dua tiga hari air sudah surut. Jadi itu tidak menggangu aktivitas belajar mengajar,” Pungkasnya.

To Top