Pendidikan

Seskoau 2016 Luluskan 129 Perwira Menengah

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Sebanyak 129 Perwira Menengah (Pamen) lulus Pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) angkatan ke-53 tahun pelajaran 2016. Lima diantaranya berasal dari mancanegara dan memperoleh penghargaan.

Menurut Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Agus Supriatna, lulusan jangan berhenti menimba ilmu dan pengalaman dengan berpegang teguh pada falsafah ‘Dwi Warna Purwa Cendekia Wusana’.

Hal itu dikatakan Kasau saat didaulat memberikan pembekalan pada acara penutupan di Bangsal Strusala kampus Seskoau, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin (17/11/2016).

“Jadilah pelopor keteladanan di masyarakat dan terus meningkatkan kualitas pengabdian di satuan, asah terus intelektualitas diri agar menghasilkan inovasi tinggi dan mampu berkomunikasi dengan semua pihak,” tegasnya.

Menurut Kasau, pascapendidikan, Pamen ini siap melangkah ke jenjang penugasan yang lebih tinggi dalam menghadapi tantangan tugas ke depan. Jika mengacu pada lingkungan strategis global maupun regional tugas akan semakin berat dan kompleks.

“Perwira mesti mampu mensinergikan ilmu dan kemampuannya terhadap tantangan dan tuntutan tugas,” jelasnya.

Sementara Komandan Seskoau, Marsekal Muda TNI Dedy N Komara menjelaskan, pendidikan berlangsung selama 44 minggu dengan menempuh 1.800 jam. Adapun materi yang diberikan untuk calon Pamen ini pelajaran ilmu kepemimpinan dan kejuangan, operasi udara, manajemen, lingkungan strategis, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

“Bukan hanya ilmu kemampuan di lapangan, program khusus dan penataran istri juga diberikan saat pendidikan Pamen ini, agar istri menjadi penunjang karier suami,” katanya.

Angkatan ke-53 ini, lanjut dia, meluluskan 129 Pamen terdiri dari 120 prajurit TNI AU, 7 Wara, AD 2 orang, AL 2 orang serta 5 perwira mancanegara, Amerika Serikat, Australia, India, Malaysia dan Singapura.

Tahun ini Sesko AU memberikan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik, yaitu kepada Mayor Pnb I gusti Ngurah Sorga Laksana piagam Widyatama, Karya tulis perorangan (Taskap) terbaik, Mayor Sus Andes PRF Sebayang piagam Sastratama.

“Taskap terbaik diraih perwira mancanegara, Major Craig Cude dari Amerika Serikat,” pungkasnya.

To Top