Kampus

Uang Kuliah Mahal, Pelajar SMA Pikir Ulang Lanjut ke Universitas

ILUSTRASI

PALEMBANG, EDUNEWS.ID – Tak hanya di kalangan mahasiswa, besarnya biaya kuliah juga jadi perbincangan calon mahasiswa yang kini duduk di kelas III SMA sederajat. Mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi kini berpikir ulang. Apalagi ada rencana 11 PTN mau menaikkan UKT.

Mutiara (17), siswi kelas 3 SMK Negeri 6 Palembang ini, mengatakan kalau dia dan temannya berminat melanjutkan kuliah. Tapi saat mendengar nominal UKT program studi (prodi) yang diminati, keduanya menggelengkan kepalanya.

“Sekolah sudah sosialisasi SMNPTN. Tapi kalau mahal, mending kerja atau buka usaha sendiri saja seperti diajarkan sekolah kami,” ujarnya.

Begitu pula, Eko Darmawan (17), siswa SMA Negeri 10 Palembang ini. Dia mengaku keluarganya juga tidak sanggup jika harus membayar UKT yang didengarnya mahal. Makanya dia berharap bisa lulus program Bidikmisi.

“Kalau tidak lulus, ya terpaksa harus tunda dulu kuliah,” cetusnya.

Sementara, Andika Pratama (17), salah satu siswa SMAN di Bukit Besar ini mengaku, sebenarnya mau masuk Pendidikan Dokter di Unsri.

“Mau daftar itu di SBMPTN nanti. Tapi uang kuliahnya mahal. Katanya sampai Rp20 juta per semester, belum biaya yang lain-lain. Ya terpaksa memilih jurusan yang UKT bisa lebih murah,” cetusnya.

To Top