Regulasi

Pakar Kebijakan Publik Unhas : Subsidi Harus Sepaket Antara Data dan Kebijakan

Andi Ahmad Yani, Pakar Kebijakan Publik Universitas Hasanuddin

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Di awal tahun 2022 ini, baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah masih menunggu keputusan terkait teknis penyaluran berbagai subsidi pemerintah, seperti subsidi minyak goreng, BBM, dan lainnya.

Satu hal yang sering menjadi sorotan yakni subsidi yang seringkali tidak tepat sasaran tiap tahunnya. Pakar Kebijakan Publik Universitas Hasanuddin, Andi Ahmad Yani, menyampaikan bahwa setidaknya ada dua faktor yang menyebabkan hal tersebut.

“Pertama, data kependudukan tidak bisa diakses oleh Kementerian atau Lembaga (K/L) yang menerapkan subsidi. Kedua, koordinasi antar K/L masih lemah terutama di ranah teknis,” terangnya saat diwawancai oleh wartawan edunews.id, Selasa (11/1/2022).

Ketika kebijakan dibuat, kata Yani, sering tidak dibarengi data. Baik kementerian maupun lembaga yang menyalurkan. Selain itu, saat pengumpulan data sering terjadi bias dikarenakan intervensi yang tidak sehat.

“Bappenas memang sudah membuat itu menjadi satu data. Semua K/L masukkan data ke situ. Tapi sekali lagi, itu tidak menjadi cerminan kalau tidak buat perencanaan strategis sejak awal,” katanya.

Di samping itu, koordinasi antar kementerian masih tergolong lemah. Menurut Yani, hal ini selalu menjadi tantangan karena K/L cenderung ada ego sektoral dan berjalan sendiri sendiri.

“Ketika ada kebijakan yang butuh lintas sektor itu tidak didukung dengan baik. Terus di level teknis juga tidak tersampaikan. Akhirnya check and re-check data, koordinasi, kerja sama, itu tidak dilakukan dengan baik,” tukas jebolan Utrecht University Belanda ini.

Lebih lanjut, Dirinya menekankan pemerintah untuk mendesain data secara bersama sehingga kebijakan yang dibuat sesuai dengan data.

“Buat perencanaan strategis dari awal. Data dan kebijakan mesti sepaket. Teknologi juga harus back up. Menurut saya teknologi sudah bisa diakses masyarakat. Kan angka akses telepon masyarakat Indonesia salah satu yang tertinggi di Asia,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com