SEKOLAH

Sekolah Islam Athirah Gelar Forum Jumat, Usung Tema Peningkatan Produktivitas Pegawai melalui Olah 4R

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Sekolah Islam Athirah menggelar webinar Forum Jumat, dengan mengusung tema Peningkatan Produktivitas Pegawai melalui Olah 4R (Raga, Rasa, Rasio, Ruh), di Auditorium Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, Jumat (24/6/2022).

Pada pelaksanaan Webinar Forum Jumat ini menghadirkan narasumber, yakni Ketua Jurusan Gizi FIK Universitas Negeri Makassar (UNM), dr Nurussyariah H. AppSci SpN(k).

Dalam sharingnya, Ketua Jurusan Gizi FIK UNM itu membeberkan bahwa ada 3 hal yang diperlukan untuk tubuh bisa sehat yakni aktivitas fisik dan olahraga.

“Tubuh dikatakan sehat apabila kerap melakukan aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga. Aktivitas Fisik adalah segala kegiatan yang menghasilkan pembakaran kalori. Kalau aktivitas fisik seperti naik turun tangga dilakukan setiap hari (frekuensi) dan waktu diatur (durasi), pola naik tangga itu bisa dikatakan kategori latihan fisik,” katanya.

“Sementara kalau olahraga itu ketika sudah ada cabang olahraga yang dilakukan, seperti basket, volly, dan cabang olahraga lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Spesialis Saraf Nyeri Tulang Belakang itu juga menuturkan bahwa aktivitas fisik harus produktif dilakukan. Bahkan menurutnya, untuk menjadi produktif sangat dibutuhkan kebugaran.

“Menjadi produktif dibutuhkan kebugaran. Yang dimaksudkan bukan hanya kebugaran fisik, tetapi juga kebugaran psikis. Fisik loyo, maka tidak mungkin psikisnya kuat. Seperti halnya konsep WHO, sehat ekonomi, sehat fisik, dan sehat psikis. Kebugaran adalah suatu indikator untuk menentukan derajat kesehatan seseorang,” jelasnya.

Bahkan kata dia, orang tidak memiliki kebugaran memiliki 3 kali risiko kematian yang lebih tinggi.

Fungsi dan Ciri Kebugaran

Dalam pemaparannya, Kajur Gizi FIK UNM itu juga menjelaskan adanya tujuh fungsi kebugaran tubuh, salah satunya yakni mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

“Kebugaran tubuh fungsinya adalah bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh, meningkatkan kemampuasn dan keterampilan fisik, memperbaiki postur tubuh,” bebernya.

“Meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap stres, meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan serta meningkatkan kreativitas dan produktifitas,” imbuhnya.

Ciri-ciri tubuh yang memiliki kebugaran kata dia, yakni tubuh yang mampu tahan saat bekerja sama dan tidak mudah lekas.

“Ciri kebugaran yang baik itu seperti, tahan bekerja lama, tidak lekas capek, tidak mudah terkena stres, tidak mudah terserang penyakit dan produktivitas kerjanya tinggi,” pungkasnya.

Di akhir pemaparannya, dr. Nurussyariah berpesan agar orang yang tidak pernah latihan fisik tidak diperbolehkan untuk langsung melakukan olahraga dengan intensitas besar, melainkan harus dilakukan secara bertahap, agar tubuh bisa beradaptasi.

“Untuk orang yang tidak pernah latihan fisik, tidak boleh langsung dipaksa untuk melakukan olahraga. Semua harus bertahap, karena tubuh butuh adaptasi. Tidak bisa langsung dilakukan dengan intensitas yang besar. Olahraga memakai prinsip, biar sedikit, yang jelas rutin,” tutupnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan Forum Jumat ini yakni Wakil Direktur (Wadirek) Sekolah Islam Athirah wilayah Kajaolalido, Wadirek SIA Wilayah Bukit Baruga, Wadirek SIA Wilayah Bone, para pimpinan departemen, para pimpinan unit Sekolah Islam Athirah, serta para guru-guru Sekolah Islam Athirah. (Dev)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com