EDUNEWS

Yuk! Ketahui Istilah Ospek dan Jenis-Jenisnya

Ilustrasi Ospek

EDUNEWS.ID-Ospek merupakan istilah yang kerap didengar dan erat kaitannya dengan siswa yang akan memasuki jenjang pendidikan ke perkuliahan. Rangkaian kegiatan ospek perkuliahan diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa baru. Jadi, apa yang dimaksud dengan ospek?

Apa Itu Ospek?

Dilansir redaksi dari detik.edu, Ospek merupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Ospek adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan kampus dan dunia perkuliahan kepada mahasiswa baru. Sama halnya ketika peserta didik mengikuti pengenalan orientasi masuk sekolah saat duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Akhir (SMA), yang biasa disebut dengan Masa Orientasi Siswa (MOS).

Ospek memperkenalkan dan mengadaptasikan mahasiswa baru dengan istilah-istilah dalam dunia perkuliahan dan hal-hal yang ada di kampus. Hal ini dikarenakan kehidupan perkuliahan yang sangat berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya.

Mahasiswa baru akan menemukan banyak hal baru yang tidak mereka temukan ketika di sekolah asalnya. Diperlukan kesiapan mental psikologis-sosial yang matang agar mahasiswa baru mudah beradaptasi dengan lingkungan dan proses belajar-mengajar di dunia perkuliahan, seperti dijelaskan dalam buku berjudul Hitam Putih Pendidikan oleh Mustafa Lutfi dan Abdul Halim.

Pelaksanaan kegiatan ospek bersifat edukatif dan harus sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 18 Tahun 2016 pasal 1-6.

Jenis-Jenis Ospek

Ada beberapa rangkaian ospek yang akan diikuti oleh mahasiswa baru. Namun hal ini kembali kepada kebijakan masing-masing kampus. Akan memungkinkan bahwa setiap kampus memiliki rangkaian kegiatan ospek yang berbeda-beda. Walaupun begitu, tujuan dari kegiatan ospek tersebut tetap sama.

Mengutip buku berjudul Pelangi 2021 oleh Boy Singgih Gitayuda dkk., ospek dapat dibedakan berdasarkan ruang lingkupnya :

Ospek Universitas
Ospek universitas merupakan ospek dengan ruang lingkup yang paling luas, yaitu mencakup seluruh jurusan dan fakultas di universitas. Dalam ospek ini, mahasiswa-mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan pimpinan tertinggi universitas dan wakil-wakilnya. Dalam ospek ini, tentunya mahasiswa baru akan bertemu dengan mahasiswa baru lainnya yang berbeda fakultas bahkan jurusan.

Ospek Fakultas
Ospek fakultas merupakan ospek dengan ruang lingkup yang lebih sempit dibanding ospek universitas, tetapi lebih luas dibanding ospek jurusan. Pada ospek ini, mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan para pimpinan fakultas, seperti dekan dan wakil-wakilnya. Teman-teman baru yang akan ditemui mahasiswa saat melaksanakan ospek ini adalah teman-teman yang berasal dari fakultas yang sama.

Ospek Jurusan
Ospek fakultas adalah ospek dengan ruang lingkup paling sempit, yaitu hanya se-jurusan. Saat ospek jurusan, mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan ketua jurusan, koordinator program studi, dan sebagainya. Teman-teman yang akan ditemui oleh mahasiswa baru pada ospek ini adalah teman-teman juga akan ditemui di kelas saat proses perkuliahan berlangsung.

sumber : detik.edu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });