Gaya Hidup

5 Tips untuk Menghindari Perasaan Buruk Saat Naik Pesawat

Beberapa orang mungkin merasa takut jika harus naik pesawat yang bisa kamu atasi dengan melakukan langkah-langkah yang menenangkan sebelum perjalanan

EDUNEWS.ID-Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada merasa takut atas sesuatu yang harus kamu hadapi dalam waktu dekat. Beberapa orang mungkin memiliki ketakutan karena harus naik pesawat, bahkan sampai mengalami mimpi buruk. Beberapa cara lama ini bisa meredam rasa khawatir kamu, terutama saat sedang tidak bisa mengendalikan alam bawah sadar kamu di malam hari. Jadi, kamu bisa booking tiket ke Yogyakarta di sini tanpa harus merasa khawatir dengan perasaan buruk sebelum perjalanan dengan tips berikut ini.

  1. Menulis buku jurnal harian

Mengistirahatkan diri adalah hal penting yang harus kamu lakukan sebelum melakukan aktivitas berat. Kamu bisa mengurangi penggunaan gadget dan perangkat elektronik dan menggantinya dengan menulis jurnal. Hal ini akan membantu alam bawah sadar kamu untuk lebih tenang dalam menghadapi hal-hal yang kamu takutkan, termasuk naik pesawat.

Nah, daripada mengalihkan perhatian dengan banyak nonton film di gadget, menulis jurnal bisa jadi alternatif yang menenangkan hati kamu. Kamu juga akan lebih nyaman beristirahat karena tidak terlalu banyak terkena blue light dari perangkat elektronik.

  1. Hindari konsumsi gula sebelum tidur

Sebisa mungkin, istirahatlah dengan optimal sebelum melakukan perjalanan naik pesawat, terutama tidur yang berkualitas. Berhentilah makan setidaknya setengah jam sebelum berbaring di tempat tidur. Hal in akan mempermudah kamu untuk tidur lebih nyenyak. Belum lagi jika kamu baru saja mengonsumsi makanan yang mengandung gula sebelum tidur, biasanya malah akan lebih kesulitan untuk beristirahat dan tidur dengan nyenyak.

  1. Minum segelas susu hangat

Segelas susu hangat yang kamu minum sebelum tidur akan mempermudah kamu untuk bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Kebiasaan ini mungkin sering kamu lakukan sewaktu kecil. Biasanya, ibu membawakan segelas susu hangat untuk dihabiskan sebelum tidur. Nah, selain memberikan sugesti positif dari kebiasaan di masa lalu, ternyata kandungan di dalam susu juga bisa membantumu lebih nyaman beristirahat.

Susu memiliki kandungan bahan kimia yang bisa membantu tubuh untuk mengubah melatonin sehingga kamu bisa tidur lebih dalam dan nyenyak. Hal ini akan membuat istirahatmu lebih berkualitas sehingga kamu nyaman dan tidak punya prasangka buruk sebelum melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

  1. Minum segelas teh hijau

Selain susu, segelas teh hijau hangat juga bisa memberikan rasa tenang bagi tubuh. Analisis ilmiah mengatakan bahwa teh hijau bisa membantu pencernaan dan bisa mencegah perut merasa tidak nyaman sebelum istirahat. Perasaan tidak nyaman inilah yang biasanya semakin memicu rasa khawatir dan menimbulkan perasaan buruk sebelum beraktivitas. Nah, teh hijau decaf juga menjadi salah satu jenis teh yang katanya lebih baik untuk dikonsumsi dan membuat tubuh merasa lebih nyaman.

  1. Mandi dengan menggunakan air hangat

Selain hal-hal yang berkaitan dengan makanan, kamu juga bisa mengistirahatkan tubuh dengan melakukan relaksasi sederhana di rumah. Salah satu cara mudah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur adalah mandi dengan menggunakan air hangat. Setelah kamu melakukan berbagai aktivitas yang produktif sepanjang hari, mandi dengan air hangat akan sangat menenangkan. Jadi, kamu tidak akan merasa khawatir saat keesokan harinya harus naik pesawat ke luar kota.

Nah, buat kamu yang masih punya kekhawatiran untuk naik pesawat, sebaiknya lakukan beberapa hal tadi dapat beristirahat dengan lebih nyaman. Jika kamu merasa nyaman dan beristirahat cukup, kamu tidak akan punya perasaan buruk sebelum naik pesawat.

 

To Top