Gaya Hidup

Berat Badan Berlebih dapat Turunkan Imun Tubuh

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menurunkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Akibatnya, orang dengan obesitas lebih berisiko terkena penyakit kronis dan juga rentan terinfeksi virus, termasuk Covid-19.

“Berat badan berlebih maupun kurang, sama-sama dapat menurunkan imunitas,” tutur ahli gizi Mochammad Rizal kepada CNNIndonesia.com dalam rangka memperingati Hari Obesitas Sedunia setiap 4 Maret.

Rizal menjelaskan, berat badan yang berlebih menyebabkan penumpukan sel-sel lemak di dalam tubuh. Sel-sel lemak yang menumpuk meningkatkan inflamasi atau peradangan sehingga membuat penyakit lebih mudah masuk. Penyakit yang masuk juga lebih sulit dilawan oleh sistem imunitas tubuh.

5 Makanan Pahit yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Jika tidak dikontrol dengan baik, penyakit ini juga menurunkan imunitas pada orang dengan diabetes.

“Selain itu, obesitas juga dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit degeneratif. Hal inilah yang dapat menyebabkan menurunnya imunitas pada orang-orang yang mengalami obesitas,” ujar Rizal.

Sejumlah studi menunjukkan orang dengan obesitas berisiko lebih tinggi terkena penyakit kronis dan degeneratif seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Studi yang dari University of North Carolina, Amerika Serikat juga mendapati orang dengan obesitas memiliki risiko 46 persen lebih tinggi terinfeksi Covid-19 dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal. Orang dengan obesitas juga memiliki risiko 74 persen lebih tinggi mengalami komplikasi dan membutuhkan perawatan intensif.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh pada orang dengan obesitas, cara yang paling baik adalah mengubah gaya hidup sehat dengan menerapkan pola makan gizi seimbang dan juga berolahraga. Daya tahan tubuh akan meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup sehat yang dijalani.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com