Kesehatan

Kenali 7 Fakta Penularan Virus Corona

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Virus corona mengancam hampir seluruh penduduk di muka Bumi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah menyatakan infeksi virus corona atau Covid-19 sebagai pandemi.

“Covid-19 dapat dicirikan sebagai pandemi,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengutip CNN.

Ghebreyesus juga memperkirakan bahwa jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19 masih akan meningkat dalam hitungan hari dan pekan ke depan.

Hingga saat ini, Covid-19 telah menelan korban sebanyak 4.374 jiwa. China menjadi negara terbanyak kasus infeksi virus corona sebesar 80.969 orang. Menyusul Italia sebesar 10.149 kasus dan 9 ribu kasus terjadi di Iran.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini tercatat 34 orang positif terinfeksi virus corona. Pasien nomor 25, seorang warga negara asing berusia 53 tahun, dilaporkan meninggal dunia pada Rabu (11/3/2020) akibatnya banyaknya penyakit penyerta yang diderita.

Terkait penyebaran, sejumlah ahli telah memberikan petunjuk tentang penularan virus corona. Ada aktivitas yang bisa menimbulkan penularan. Ada pula aktivitas yang Anda dianggap bisa menularkan virus, tapi sebenarnya tidak.

Berikut beberapa fakta penyebaran virus corona dirangkum dari beberapa ahli, mengutip New York Times.

1. Berpapasan belum tentu menularkan
Risiko penularan saat berpapasan atau bertemu dengan pasien positif virus corona dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor itu diantaranya jarak, keberadaan tetesan cairan tubuh pasien, dan seberapa sering Anda menyentuh wajah sendiri. Selain itu, faktor kondisi tubuh, usia, dan riwayat penyakit juga tidak bisa diabaikan.

Harus disadari, virus corona tidak secara ‘telanjang’ bisa bergerak kesana kemari atau berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Droplet atau tetesan cairan dari tubuh pasien lah yang membawa virus itu bergerak. Cairan keluar lewat batuk, bersin, tertawa, menyanyi, bernapas, dan bicara. Jika cairan tak bertabrakan dengan Anda, maka virus akan jatuh ke lantai atau permukaan benda lain.

Profesor Kin on Kwok dari Chinese University mengatakan, bicara tatap muka atau berbagi makanan dengan pasien bisa berisiko menularkan.

“Jika Anda bisa mencium apa yang orang makan, misal bawang bombay, kari, Anda menghirup apa yang mereka hembuskan termasuk virus di napas mereka,” kata ahli virus Julian Tang yang sepakat dengan Kin on Kwok.

2. Jaga jarak
Berada terlalu dekat dengan pasien positif Covid-19 hingga bisa mencium aroma napas mereka jelas tidak disarankan. Lalu, berapa jarak yang aman?

Baca Juga :   Perhatikan! 4 Tips Makan Sahur untuk Penderita GERD

Juru Bicara WHO, Christian Lindmeier mengatakan, jarak terbaik adalah 3 kaki atau sekitar 0,91 meter.

3. Virus bisa ada di permukaan apa pun
Pesan untuk rajin mencuci tangan bukan sekadar pesan layanan kesehatan biasa. Setelah banyak orang yang mengunjungi kuil Buddha di Hong Kong terinfeksi virus yang sama, otoritas kesehatan setempat memeriksa lokasi. Dari pemeriksaan ditemukan virus corona pada keran toilet dan beberapa benda lainnya.

Dari kasus ini, virus bisa saja menempel di mana pun termasuk panel untuk berpegangan pada kereta, bus, gagang pintu toilet, keyboard komputer, juga pegangan pada tangga.

Akan tetapi, Gary Whittaker, profesor virologi di Cornell University College berkata, virus corona relatif mudah untuk dibunuh. Desinfektan disebut cukup ampuh merusak pelindung mikroba.

Selain itu, selama Anda rajin mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, Anda akan baik-baik saja.

4. Merek sabun
Para ahli mengatakan, sabun apa pun yang Anda gunakan tidak jadi soal. Anda bisa saja menggunakan sabun dengan wewangian, berlabel antibakteri, atau sabun untuk melembapkan kulit.

5. Tetangga batuk? Tak perlu khawatir
Batuk dan bersin memang harus diwaspadai. Namun jika mendengar tetangga sebelah rumah batuk, Anda tak perlu khawatir berlebihan. Ashish K. Jha, Direktur Harvard Global Health Institute berkata. hingga kini tak ada bukti droplet bisa menembus tembok dan kaca.

Yang terpenting, kata Jha, adalah ruangan yang dipakai bersama sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik.6. Bercinta tidak tularkan virus corona. WHO melaporkan corona bukan jenis virus yang bisa menular lewat hubungan seksual. Namun, beberapa ahli menyebut berciuman bisa menularkan virus corona.

Tak heran beberapa negara melarang warganya bertukar salam dengan ciuman. Sebagian warga Indonesia bahkan tidak bersalaman untuk menghindari corona.

7. Hewan peliharaan bisa aman
Sebagian orang yang menjalani karantina mau tak mau harus meninggalkan segala hal yang ada di rumah. Bagaimana dengan pasien yang memiliki hewan peliharaan? Mereka tak mungkin dibiarkan merana seorang diri.

Whittaker, yang sudah mempelajari penularan virus corona pada hewan dan manusia berkata bahwa dia tidak melihat bukti penularan virus corona dari manusia pada hewan peliharaan.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com