Kesehatan

Panduan Baru bagi Lansia di Tengah Wabah Corona

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan panduan baru untuk para orang tua saat virus corona (SARS CoV-2) mewabah. Virus penyebab Covid-19 tersebut hingga Kamis (12/3) telah menginfeksi lebih 127 ribu orang di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah menetapkan wabah ini sebagai pandemi. CDC merekomendasikan orang lanjut usia dan orang dengan kondisi medis yang parah untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk tinggal di rumah.

Rekomendasi dikeluarkan mengacu pada data global WHO yang menunjukkan, lansia memiliki risiko tinggi terpapar dan dua kali lipat lebih tinggi terkena penyakit atau gejala yang serius akibat Covid-19.

“Selama wabah Covid-19 di lingkungan Anda, tinggal di rumah sebanyak mungkin untuk mengurangi risiko terekspos,” demikian bunyi panduan baru tersebut dikutip dari situs resmi CDC.

Penasihat CDC Profesor William Schaffner mengatakan, lansia dan orang dengan penyakit kronis harus mempertimbangkan untuk membatasi kegiatan. Sebisa mungkin menghindari bepergian dengan pesawat terbang, ke bioskop, berbelanja di mal, atau juga mengikuti kegiatan keagamaan.

“Ini seharusnya menjadi perhatian utama bagi orang berusia di atas 60 tahun dan mereka yang memiliki masalah kesehatan mendasar, seperti penyakit jantung atau paru-paru, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah,” tutur Schaffner, dikutip dari CNN.

“Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menghindari virus adalah mengurangi kontak muka dengan orang,” ujar Schaffner.

Berdasarkan data WHO, orang lanjut usia memiliki angka kematian yang tinggi dibandingkan usia lainnya.

Usia 50-59 tahun memiliki angka kematian 1,3 persen dari semua kasus. Usia 60-69 meningkat menjadi 3,6 persen dan usia 70-79 tahun 8 persen.

Sedangkan usia 80 tahun ke atas tingkat kematian melonjak signifikan menjadi 14,8 persen. Sementara untuk usia di bawah 50 tahun angka kematian tak sampai 0,5 persen pada tiap tingkatannya.

Orang dengan penyakit kronis juga memiliki angka kematian yang tinggi. Orang dengan penyakit kanker mencapai 5,6 persen, hipertensi 6 persen, penyakit pernapasan kronis 6,3 persen, diabetes 7,3 persen, dan penyakit kardiovaskular 10,5 persen.

Di Indonesia hingga Selasa (10/3), jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 19 orang, sebagian besar merupakan orang yang berusia 50 tahun ke atas.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top