Kesehatan

Studi Membuktikan, Baca Berita Buruk soal Covid-19 Turunkan Kebahagiaan!

Ilustrasi Membaca Berita

HEALTH, EDUNEWS.ID-Sebuah penelitian menemukan menghabiskan waktu bermain media sosial kurang dari 5 menit cukup bisa membuat hidup sehari-hari Anda sengsara.

Orang-orang yang senang memantau media sosial, seperti Twitter atau menonton YouTube bisa mengalami perubahan suasana hati yang cepat ketika menemukan berita buruk.

Para ahli di University of Essex menemukan orang-orang yang melihat berita buruk terkait virus corona Covid-19 di media sosial mengalami penurunan kebahagiaan yang signifikan.

Kondisi ini bisa terjadi dalam 2 hingga 4 menit. Jika seseorang cenderung melihat berita-berita baik, mereka tidak akan berakhir dengan suasana hati yang buruk dan berubah lebih cepat.

“Bahkan melihat berita terkait virus corona dalam beberapa menit saja sudah bisa merusak suasana hati seseorang. Kita harusnya memperhatikan efek ini,” kata Dr Kathryn Buchanan, psikolog dikutip dari The Sun.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One ini menanyai 1.000 orang tentang bagaimana perasaan mereka setelah membaca atau menonton berita virus corona di media sosial.

Peneliti menemukan orang-orang tidak akan merasakan dampak negatif ketika menyimak berita terkait penurunan kasus positif virus corona Covid-19 di Twiiter maupun YouTube.

Baca juga : Studi: Kebahagiaan Bisa Dibeli dengan Uang

Tetapi, mereka seketika akan merasa kurang optimis ketika mulai menemukan informasi yang buruk tanpa sengaja. Informasi buruk dari media sosial inilah yang bisa menyebabkan perubahan suasana hati.

“Penelitian menunjukkan bahwa membaca berita negatif tentang virus corona cukup 2 menit bisa menimbulkan konsekuensi negatif,” kata para peneliti.

Sedangkan, kebanyakan orang menghabiskan waktu 5 hingga 10 kali lebih lama dari 2 menit untuk melihat informasi mengenai virus corona di media sosial. Hal ini meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah emosional.

sumber : suara.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top