Kesehatan

Terungkap! Kopi Bisa Mengatasi Masalah Ketombe

HEALTH, EDUNEWS.ID-Ketombe menjadi masalah rambut yang dialami oleh banyak orang. Selain masalah estetika, ketombe juga menjadi faktor utama rambut rusak, rapuh, hingga kering.

Ketombe merupakan kondisi umum yang menyebabkan kulit kepala mengelupas, sehingga kondisi ini membuat seseorang kurang percaya diri. Selain itu, gejala ketombe meliputi serpihan kulit di kepala, sensasi gatal, dan kulit kepala berkerak.

Baca juga : Cara  Menikmati Secangkir Kopi Agar Menyehatkan

Seringkali orang bingung mengatasi ketombe. Hingga, di masyarakat muncul anggapan bahwa ada sejumlah bahan-bahan rumahan tertentu yang bisa mengatasi ketomber seperti kopi. Lalu benarkah kopi isa mengatasi kopi?

Mengutip Healthshots, sebuah penelitian yang terbit di Pharmatutor Journal, kopi memiliki kemampuan untuk membersihkan dan mengelupas kulit kepala, sehingga manfaatnya bisa bebas dari bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Dalam pertumbuhan rambut misalnya, kopi dapat memperkuat akar dan membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, kopi juga mengandung bahan yang bagus untuk menjaga tingkat pH dan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Karena itu, kafein mampu membantu melebarkan pembuluh darah.

Baca juga : Minum Kopi di Pagi Hari, Ini 3 Manfaatnya

Dengan menggunakan masker rambut berbahan kopi, tak hanya mampu mengatasi ketombe saja. Ada kandungan lain yang baik untuk menjaga rambut Anda, salah satunya mampu mendetoksifikasi kuit kepala, menghilangkan penumpukan, dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Berikut cara pembuatan masker rambut untuk mencegah rambut berketombe. Apa saja?

Siapkan 1 sdm kopi bubuk.
Siapkan 1sdt minyak kelapa.
Cara pembuatannya:

Mulai dengan memanaskan minyak kelapa pada suhu rendah.

Lalu tambahkan bubuk kopi ke dalam minyak kelapa.

Jika ingin menggunakan madu dan minyak zaitun, campurkan bahan-bahan ini bersamaan dengan bubuk kopi.

Kemudian, aduk dengan rata sampai halus.

Setelah seduh dan aduk selama dua menit, saring kemudian di mangkuk kecil.

Oleskan ke seluruh rambut, akar, dan kulit kepala. Biarkan meresap selama setengah jam, dan bilas kemudian dengan sampo ringan.

Untuk pemakaiannya, disarankan satu minggu sekali secara rutin untuk mencegah ketombe agar maksimal.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com