Gaya Hidup

Mau Makan Ketupat Lebaran yang Enak dan Gurih? Begini Resep dan Cara Membuatnya

Ketupat/Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Makanan Lebaran tak bisa dipisahkan dari ketupat dan opor. Makanan Lebaran juga mempresentasikan kebhinekaan, pengaruh dari berbagai macam rasa, berbagai suku bangsa yang kemudian menyatu dan mewujudkan satu ciri khas sebagai hidangan khas Lebaran.

Ketupat sendiri ternyata menyimpan banyak makna dan arti. Semuanya merujuk pada pesan Lebaran yang penuh dengan pengampunan dan permintaan maaf atas semua kesalahan lahir dan batin.

Ketupat bermakna keseimbangan alam dalam empat arah mata angin utama, timur, selatan, barat, dan utara dengan satu pusat. Hal lainnya juga berarti bahwa sekalipun manusia pergi ke mana pun, namun akan kembali pada satu pusat yaitu Tuhan YME.

Bentuk belah ketupat dengan empat sisinya diasumsikan sebagai empat macam nafsu yang dimiliki manusia yang dikalahkan dengan berpuasa.  Sedangkan anyaman kulit ketupat ini juga dianggap sebagai gambaran jalan hidup manusia yang rumit dan berliku.

Resep cara buat ketupat lebaran sendiri sebenarnya susah-susah gampang. Namun ada beberapa trik yang harus diperhatikan.

Berikut resep ketupat yang bisa dibuat di rumah.

Bahan:

1/2 litr beras pulen,

1/2 liter beras pera

10 kulit ketupat ukuran kecil-sedang

Garam secukupnya

Air untuk merebus

Cara membuat ketupat lebaran:

1. Campur kedua jenis beras. Cuci bersih. Kemudian rendam beras dalam air sekitar 1-2 jam.

2. Setelah tiris, campur sedikit garam dan aduk rata.

3. Ambil beras dan masukkan ke dalam selongsong atau kulit ketupat. Jangan masukkan terlalu penuh. Masukkan beras sekitar 1/3 (lebih sedikit) volume kulit ketupat.

4. Siapkan air dalam panci kemudian masukkan ketupat ke dalamnya. Pastikan ketupat terendam dengan air.

5. Rebus selama 3-4 jam sampai ketupat matang.

Baca Juga :   Soft Opening Barbershop Pedjuang, Sediakan Promo Diskon 50% dan Kopi Gratis Usai Potong Rambut

Untuk membuat resep ketupat ini, Anda bisa mencampur kedua beras pulen dan pera agar tekstur ketupat jadi lebih enak. Tak terlalu lembek karena beras pulen dan tak ‘ambyar’ karena terlalu pera. Selamat mencoba resep ketupat untuk Lebaran.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com