Gaya Hidup

Penderita Asam Urat Jangan Makan 5 Sayuran ini, Berbahaya!

Ilustrasi Asam Urat

HEALTH, EDUNEWS.ID-Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Gejala pada penyakit ini meliputi nyeri, bengkak, dan kemerahan pada sendi.

Penderita asam urat akan merasakan pembengkakan dan nyeri pada persendian kaki, terutama jempol kaki. Rasa sakit yang tiba-tiba dan intens dapat membuat kaki Anda terasa seperti terbakar.

Jika Anda tidak mengobati asam urat, penyakit ini bisa menjadi kronis. Benjolan keras yang disebut tophi dapat berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak di sekitarnya. Benjolan ini dapat merusak sendi secara permanen.

Ternyata terdapat sayuran yang tidak baik dikonsumsi penderita asam urat. Beberapa sayuran perlu dihindari karena memiliki kadar purin tinggi yang bisa membuat asam urat ‘meledak’. Dilansir redaksi dari cnbcindonesia, Ahad 4 September 2022, berikut daftar ayuran perlu dihindari :

1. Kembang Kol
Sayuran selanjutnya yang perlu dihindari adalah kembang kol. Sayuran ini biasanya hanya menjadi pelengkap di setiap hidangan. Kembang kol perlu dihindari oleh pengidap asam urat karena memiliki 23 gram purin di setiap 100 gramnya.

2. Bayam
Selain mudah diolah, bayam terkenal memiliki gizi tinggi seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, beta karoten, dan luteins. Akan tetapi, penderita asam urat harus menghindari bayam karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekira 57 gram purin.

3. Buncis
Buncis menjadi salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia karena bisa diolah menjadi sedemikian rupa, seperti aneka tumisan dan menjadi bahan pelengkap. Namun, buncis dikenal memiliki fruktosa tinggi yang bisa menjadi pemicu asam urat.

4. Jamur
Jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dalam setiap porsinya. Oleh karena itu, pengidap asam urat wajib menghindari sayuran yang menjadi campuran di banyak hidangan ini.

Baca Juga :   5 Menu Buka Puasa Anti Kolesterol Tinggi, Wajib Hindari Gorengan!

5. Asparagus
Asparagus memiliki kadar kalium dan folat tinggi. Akan tetapi, asparagus adalah salah satu sayuran yang perlu dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. Dalam asparagus, terdapat sekira 23 gram purin di setiap 100 gram sayuran ini.

Lalu makanan apa yang baik dimakan bagi penderita asam urat? Ini daftarnya:

– Buah-buahan: semua buah-buahan umumnya baik untuk asam urat. Ceri bahkan dapat membantu mencegah serangan dengan menurunkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan.

– Sayuran: kentang, kacang polong, dan terong

– Kacang: semua kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk kedelai dan tahu

– Biji-bijian utuh: Ini termasuk gandum, beras merah, dan gandum

– Produk susu: semua produk susu aman, tetapi produk susu rendah lemak sangat dianjurkan

– Telur

– Minuman: kopi, teh, dan teh hijau

– Bumbu dan rempah-rempah: semua bumbu dan rempah-rempah

– Minyak nabati: termasuk minyak kanola, kelapa, zaitun, dan rami

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com