Gaya Hidup

Penelitian Ungkap Kekayaan bisa Dilihat dari Wajah Seseorang, Percaya ?

Ilustrasi

EDUNEWS.ID-Kemungkinan kaya atau miskin ternyata bisa dilihat hanya dari wajah seseorang. Hal tersebut terungkap dari sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology.

Seorang mahasiswa pascasarjana di University of Toronto yang juga penulis studi tersebut R. Thora Bjornsdottir mengatakan, orang yang memiliki uang secara umum cenderung hidup lebih bahagia lantaran mereka tidak terlalu cemas. Terutama bila dibandingkan dengan orang yang berjuang keras hanya demi memenuhi kebutuhan hidup.

Bjornsdottir dan timnya menunjukkan perbedaan kesejahteraan ini benar-benar tercermin di wajah orang-orang. Mereka telah melakukan studi dengan memilih subjek foto hitam putih yang terdiri dari 80 foto pria dan 80 foto wanita. Tak ada foto yang menggunakan tato atau tindikan.

Semua wajah di foto tersebut juga menunjukkan ekspresi yang netral. Setengah dari orang di foto-foto itu adalah mereka yang berstatus sebagai masyarakat kelas atas, dan separuh lainnya adalah kelas pekerja.

Foto-foto tersebut kemudian ditunjukkan pada orang lain. Mereka diminta menebak kelas sosial dari masing-masing orang. Hasilnya, sebanyak 68% menjawab dengan benar.

“Kalau ditanya bagaimana caranya, mereka tidak tahu. Mereka tidak menyadari bagaimana mereka bisa menebak dengan benar,” kata Bjornsdottir dikutip dari CNBC Make It, Sabtu (22/10/2022).

Para peneliti lalu melakukan studi lebih lanjut dengan memperbesar fitur wajah. Mereka menemukan subjek masih bisa menebak dengan benar ketika mereka hanya melihat mata dan mulut.

Para peneliti menyimpulkan hal tersebut kemungkinan terjadi karena pola emosi dapat terlihat di wajah seseorang dari waktu ke waktu. Kontraksi otot-otot tertentu dapat menyebabkan perubahan struktur wajah yang dapat dilihat orang lain.

“Seiring waktu, wajah Anda secara permanen mencerminkan dan mengungkapkan pengalaman Anda. Bahkan ketika kita berpikir kita tidak mengekspresikan sesuatu, ekspresi emosi itu masih ada di sana,” ujar salah seorang peneliti lainnya, Nicholas O. Rule.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com