JABODETABEK

Pemprov DKI Berencana Tanam 145 ribu Pohon Mangrove di Teluk Jakarta

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperbanyak penanaman pohon bakau atau mangrove di kawasan pesisir utara Jakarta. Rencananya akan ditanam sebanyak 145 ribu pohon mangrove.

“Kami ingin memperbanyak pohon mangrove di pesisir utara Jakarta. Rencananya, ada sekitar 145 ribu pohon mangrove yang akan kami tanam disana,” kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Menurut dia, sebanyak 2.000 pohon bakau tersebut akan ditanam pada Sabtu (24/3/2018) pekan depan dengan melibatkan sejumlah komunitas dan juga pihak-pihak swasta.

“Ada 2.000 pohon dulu yang akan ditanam pada Sabtu mendatang di kawasan Pantai Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Penanamannya akan melibatkan komunitas hingga pihak swasta,” ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, dia pun meminta kesadaran seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sehingga kawasan pesisir utara Jakarta tetap terjaga kebersihannya. Jangan lagi membuang sampah sembarangan, seperti ke kali atau ke sungai karena sampah-sampah itu akan bermuara ke laut. “Seluruh masyarakat harus peduli terhadap lingkungan,” tutur Sandiaga.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad mengungkapkan penanaman mangrove ini akan dilakukan secara bertahap dan diharapkan dapat memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat.

Pohon-pohon mangrove itu tidak hanya ditanam di pesisir Marunda, tetapi juga di sekitar Rumah Si Pitung atau Masjid Al Alam. “Kami ingin mangrove itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar,” ungkap Husein.

To Top