Dunia Islam

Waspada! Setan ini Tugasnya Bikin Orang Sholat tidak Fokus

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setan Khinzib pelaku utama yang mengganggu seseorang yang sedang sholat. Bahkan akibat godaan itu, sampai lupa berapa rakaat yang sudah dilakukan.

Setan Khinzib ini juga mengganggu pikiran orang yang sedang sholat. Saat sholat terkadang berseliweran pikiran macam-macam.

Apakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan sholat yang khusyuk, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut?

Ustaz Ammi Nur Baits dalam pesannya dikutip pada Kamis (15/4/2021) menyebutkan, di dalam sholat terkadang berseliweran pikiran-pikiran sehingga mengurangi konsentrasi sholat. Apakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan sholat yang khusyuk, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut?

Kasus semacam ini pernah dialami oleh salah seorang sahabat, yaitu Utsman bin Abil ‘Ash radhiallahu ‘anhu. Beliau datang kepada Nabi Muhammad SAW mengadukan gangguan yang dia alami ketika sholat. Kemudian beliau SAW bersabda:

“Itu adalah setan. Namanya Khinzib. Jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah ke kiri tiga kali.” ujarnya

Kata Utsman, “Aku pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku.” (HR. Muslim, no. 2203)

Dalam hadis di atas Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita dua cara untuk menghilangkan gangguan setan dalam sholat yakni:

1. Memohon perlindungan kepada Allah dengan membaca ta’awudz (A’udzu billahi minas syaithanir rajim). Bacaan ini dilafalkan, bukan di batin. Ini hukumnya diperbolehkan dan tidak membatalkan sholat.

2. Meludah ringan ke kiri dengan cara meniupkan udara yang mengandung sedikit air ludah. Ini diperbolehkan, dengan syarat tidak mengganggu orang yang berada di sebelah kirinya dan tidak mengotori masjid. Allahu a’lam.

okz

Baca Juga :   Perhatikan! Tata Cara, Niat dan Waktu Pembayaran Zakat Fitrah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com