Ragam Lainnya

8 Pilihan Menu Makanan untuk Open House Lebaran

Pilihan Menu Makanan untuk Open House Lebaran

EDUNEWS.ID – Lebaran tak hanya identik dengan bermaaf-maafan, namun juga ada tradisi bernama open house. Untuk menjamu para tamu yang datang, maka pemilik rumah perlu menyediakan berbagai macam hidangan makanan.
Salah satu menu andalan saat Hari Raya Idul Fitri adalah ketupat atau lontong sayur. Namun, kurang lengkap rasanya jika hanya menyajikan satu menu saja kepada para teman, saudara, tetangga, atau rekan kerja yang datang ke rumah.

Lantas, apa saja menu makanan untuk open house Lebaran yang lezat dan menggugah selera? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Masih bingung ingin menyediakan menu makanan apa untuk open house Lebaran? Jangan khawatir, mengutip buku 333 Koleksi Hidangan Muslim oleh Badiatul Muchlisin Asti dan Ummi Nuraini, berikut rekomendasinya:

1. Ketupat atau Lontong Sayur
Kurang pas rasanya kalau momen Lebaran tidak menyantap lontong atau ketupat sayur. Makanan yang satu ini paling nikmat disantap dalam kondisi hangat dan setelah melaksanakan sholat Idul Fitri.

Ada banyak versi dari ketupat/lontong sayur. Namun, bahan utamanya terletak pada labu siam dan kacang panjang. Bisa juga ditambahkan tahu atau tempe yang dipotong kecil-kecil.

2. Ayam Goreng
Lauk yang paling pas untuk menemani santap ketupat atau lontong sayur adalah ayam goreng. Bumbu ayam ungkep kuning yang meresap sampai ke daging dijamin membuat para tamu open house yang datang bakal ketagihan.

Oh ya, bumbu atau remahan dari ayam goreng bisa dicampur dengan kuah ketupat/lontong sayur. Dijamin, kuah santan bakal terasa semakin gurih di mulut.

3. Kari Ayam
Kalau bosan dengan menu ayam goreng, cobalah ide menu berikutnya yaitu kari ayam. Kuah karinya yang gurih dan agak sedikit pedas membuat lidah jadi bergoyang. Oh ya, disarankan pakai ayam kampung agar lebih nikmat.

Baca Juga :   SIM dan STNK Mati saat Masa Lebaran Tak Kena Denda

4. Rendang Daging
Makanan khas Padang ini juga bisa dihidangkan sebagai salah satu menu untuk open house Lebaran. Ciri khas dari rendang adalah bumbu rempahnya yang kuat, membuat para tamu bakal langsung tertuju dengan rendang daging yang disajikan di atas piring.

5. Sambal Goreng Ati
Ingin menyantap menu makanan yang agak sedikit pedas? Cobalah membuat menu sambal goreng ati. Perpaduan sambal, kentang, dan hati sapi yang lezat membuat para tamu open house jadi ketagihan.

Meski begitu, mengolah daging hati sapi perlu hati-hati dan teliti. Jika tidak, maka bisa keras dan muncul bau amis.

6. Sate Ayam
Sate ayam sudah menjadi salah satu menu khas Lebaran yang tak boleh dilewatkan. Bumbu kacang yang sedap dan wangi bakaran yang kuat membuat siapa saja yang melihat sate ayam disajikan di atas piring langsung tergoda.

7. Bakso
Uniknya, saat Lebaran banyak pedagang bakso yang memilih berjualan. Strategi ini sangatlah jitu sebab tak semua orang suka makanan bersantan. Selain itu, banyak juga yang mulai bosan ketika harus makan ketupat/lontong sayur berturut-turut.

Kuahnya yang segar, daging bakso yang kenyal, lalu dipadukan dengan bihun, mie, serta sayuran membuat bakso menjadi salah satu menu andalan ketika open house Lebaran. Siapkan juga sambal, saus, dan kecap manis agar para tamu bisa membuat racikannya sendiri.

8. Semur Daging
Ide menu makanan selanjutnya adalah semur daging. Perpaduan rasa manis dan gurih dari rempah-rempah membuat siapa saja suka dengan makanan yang satu ini. Agar lebih lezat, bisa tambahkan kentang yang dipotong kecil-kecil secukupnya saja.

Itu dia delapan menu makanan lezat untuk open house Lebaran yang lezat dan menggugah selera.

Baca Juga :   SIM dan STNK Mati saat Masa Lebaran Tak Kena Denda

sumber : detikfood

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com