Komunitas

Dialog Road To Musykom VIII, IMM FH Unhas Hadirkan Sekretaris IKA Unhas Jabodetabek

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Dalam rangka menjelang (road to) “Musyawarah Komisariat” (Musykom) VIII, Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan Dialog Kebangsaan dengan tema “Hakikat dalam Memimpin”. (29/12/ 2021)

Para hadirin, dalam kegiatan tersebut menghadirkan Ir. Habibie Razak, S.T., M.M., IPU, APEC Eng. ASEAN Eng. ACPE (Indonesia Country Director for SMEC Pty Ltd.).

Dalam uraiannya, dirinya menjelaskan secara mendasar, leadership (kepemimpinan) berarti mempengaruhi orang. Sebagian besar perspektif leadership memandang pemimpin sebagai sumber pengaruh. Adapun menurut Islam, pemegang fungsi kepemimpinan biasa disebut “imam” dan kepemimpinan itu sendiri disebut “imamah”. jelas Habibi

Habibi sapaan akrabnya kembali menjelaskan bahwa Pemimpin negara, dalam sejarah kebudayaan Islam biasa digunakan khalifah, amir, dan sultan. Istilah lain yaitu “idarah” atau manajemen. Pemimpin dan kepemimpinan disebutkan berkali-kali dalam Al-Qur’an. tegasnya

Selain itu, tak luput juga Habibi menjelaskan terkait penggolongan mahasiswa dalam dunia kampus yang merupakan sebagai harapan masa depan pelanjut kepemimpinan.

“Dalam lingkup perkuliahan, mahasiswa memiliki ‘mazhab’ yang berbeda-beda. Setidaknya ada empat jenis mazhab, yaitu (1) Mazhab Bureng-Bureng; (2) Mazhab Religius; (3) Mazhab Hedonis; dan (4) Mazhab Humanis”. jelasnya

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa Bureng-Bureng adalah mahasiswa yang hanya datang ke kampus untuk ikut perkuliahan setelah itu pulang tanpa mengikuti berbagai kegiatan apapun. Mazhab Religius adalah mahasiswa yang senantiasa mengikuti organisasi maupun kegiatan yang berbau agama.

Selanjutnya Alumni IMM Unhas itu kembali melanjutkan uraiannya, Mazhab Hedonis merupakan mahasiswa yang suka bikin keributan di kampus. Seperti nama mazhabnya, mahasiswa yang berpegang pada mazhab ini cenderung berfoya-foya, sementara Mazhab Humanis, yaitu mahasiswa yang aktifis atau organisatoris. Selain mengikuti perkuliahan, mereka mengikuti berbagai kegiatan-kegiatan serta memperkaya diri dengan bacaan yang berkaitan dengan kepemimpinan. pungkasnya

Kemudian Dalam closing statement, beliau menyampaikan bahwa mahasiswa jangan takut melakukan kesalahan, khususnya di organisasi non-profit. Karena organisasi adalah tempat mahasiswa untuk bereksperimen maupun melakukan exercise.

“Kalau ingin menjadi pemimpin, ia harus bisa merangkul semua mahasiswa yang memiliki mazhab berbeda tanpa terkecuali,” tegas Sekretaris PP PII Itu.

Selain itu, dirinyapun menegaskan bahwa mahasiswa jangan takut berorganisasi, sebab Dengan berorganisasi yakin dan percaya teman-teman akan menemukan jati dirinya. Kedepan akan ia tahu mau menjadi orang seperti apa di masa depan. Maka sangat berbeda dengan mahasiswa yang sama sekali tidak pernah melakukan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di kampus. tutup Sekretaris IKA Unhas Jabodetabek itu.

Diketahui puluhan Mahasiswa (i) yang turut berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini dengan penuh semangat dan aktif dalam sesi tanya jawab.

 

 

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });