Komunitas

‘Kali Adem’, Cerita dari Sebelah Tembok Megah Kota Jakarta

relawan WalkWith mengunjungi rumah para warga Kali Adem

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Selama dua hari, 27 dan 28 Juni 2020, sebanyak 12 relawan WalkWith mengunjungi rumah para warga Kali Adem dari pintu ke pintu untuk mengumpulkan data. Para relawan juga berinteraksi secara langsung dengan total 200 kepala keluarga untuk menggali lebih dalam tentang keadaan demografis warga Kali Adem.

Penelitian ini adalah awal dari kajian yang meliputi aspek pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan ekonomi warga setempat. Adapun sajian data dari penelitian ini dapat diakses melalui akun media sosial WalkWith: www.instagram.com/walkwithorg dan di blog Medium: www.medium.com/@walkwithorg.

“Penelitian menjadi hal yang sangat penting sebagai dasar perencanaan pengembangan wilayah kampung nelayan Kali Adem. Kami ingin merangkul berbagai kalangan untuk berkontribusi dalam gerakan kami, ” kata Raka Pramudito, Direktur Eksekutif TurunTangan saat mengurai idenya, Senin (29/6/2020).

Raka menuturkan, data ini juga akan digunakan untuk mengembangkan proyek potensial yang bertujuan memajukan kesejahteraan warga Kali Adem.

Desa Kali Adem yang terletak di teluk Jakarta di bagian utara Provinsi DKI Jakarta dan menjadi kawasan perairan yang didominasi oleh para nelayan tradisional di pesisir ibu kota.

“Banyaknya masalah kerap diabaikan di area ini mengakibatkan warga hidup dalam ketidaklayakan dan beresiko tinggi seperti penggusuran lahan, banjir rob, lingkungan hidup bersih, pendidikan dan kesejahteraan yang belum merata,” paparnya.

Ia menjelaskan, WalkWith adalah sebuah gerakan inkubasi dari organisasi non pemerintah (NGO) TurunTangan. Adapun tujuan dan misi dari gerakan ini adalah menciptakan kota inklusif dengan pemberdayaan dan keterlibatan warga masyarakat di daerah tertentu (rls/ayu)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top