Komunitas

TurunTangan Jakarta -AdventBook Kolaborasi Gelar Kegiatan Psikososial Bagi Penyintas Kebakaran  di Koja Jakarta Utara

TurunTangan Jakarta -AdventBook Kolaborasi Gelar Kegiatan Psikososial Bagi Penyintas Kebakaran  di Koja Jakarta Utara

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Pada tanggal 16 November 2021 kemarin terjadi peristiwa kebakaran di lingkungan padat penduduk di Jalan Lorong L Pasar Sindang RT 12 RW 08, Kelurahan Koja, Jakarta Utara.

Kejadian tersebut mengakibatkan sedikitnya 37 rumah hangus terbakar dan sekitar 67 kepala keluarga harus kehilangan tempat tinggalnya sehingga harus mengungsi di  Masjid Jami Al Muhtarom yang berada di Jalan Yos Sudarso Jakarta utara.

Kebakaran tersebut tidak hanya memberikan kerugian materi, namun juga memberikan trauma yang berat bagi para penyintas. Untuk menanggapi hal tersebut pada tanggal 1 Desember 2021, komunitas AdventBook berkolaborasi dengan TurunTangan Jakarta untuk mengadakan kegiatan psikososial untuk para penyintas kebakaran yang ada di Koja. kegiatan psikososial ini penting guna memberikan dukungan psikologis sehingga para penyintas kebakaran dapat pulih dari trauma yang mereka alami.

“Tujuan kami membuat dukungan psikososial adalah berfocus untuk membawa kebahagian bagi anak yang sedang mengalami trauma paska terjadinya kebakaran pada beberapa minggu lalu,dalam upaya menstabilkan mental, psikologis, dan sosialnya.saya merasa sangat senang melihat anak anak yang mulai terbawa suasana saat bernyanyi bersama sama senyum nya terasa hangat bagai bias matahari yg sedang naik ke atas,” ujar Danang satu relawan TurunTangan Jakarta, dalam keterangannya ke edunews.id, Kamis (2/12/2021).

Pada kegiatan psikososial ini diadakan di RPTRA Sindang jaya dengan peserta yang terlibat yaitu anak-anak. Komunitas AdventBook sebanyak 4 orang dan 15 orang relawan TurunTangan Jakarta memulai acara dengan penyerahan donasi kepada ketua RT12.

Untuk merangkul para penyintas khusus nya anak-anak, para panitia mengadakan acara ice breaking yang dipandu langsung oleh teman-teman dari TurunTangan Jakarta.

“Selanjutnya teman-teman Advent Book mengadakan pertunjukan teater dengan tema “Untuk Melestarikan Alam” tidak hanya menghibur kegiatan tersebut juga mengedukasi adik-adik korban kebakaran dengan mengadakan games dan kuis tebak nama pahlawanc,” bebernya.

Baca Juga :   PMII Ushuluddin Adakan Bukber dan Reuni Akbar, Hadir Dewan Senior-Demisioner

Setelah melalui rangkaian acara yang menyenangkan dan menghibur, kegiatan ini di akhiri dengan mengajak adik-adik dan teman-teman relawan untuk bernyanyi bersama.

‘Dengan terlaksananya kegiatan psikososial ini diharapkan penyintas kebakaran Koja dapat lebih bersemangat serta lekas pulih dari trauma yang mereka alami,” harapnya. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com