Komunitas

Webinar Sea Savers: Laut Estetik Tanpa Sampah Tengik

BEKASI, EDUNEWS.ID – Mahasiswa Public Relations President University menggelar Webinar Sea Savers atau Penyelamat Laut secara virtual, Jumat (1/4/2022).

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dan Greenpeace serta sukses diikuti ratusan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan mengangkat slogan Laut Estetik Tanpa Sampah Tengik, Webinar diisi 2 pembicara ahli, yakni Chuldyah J. Harsindhi (Education and Advocacy Bureau Staff of DPP KNTI) dan Arifsyah Nasution (Oceans Campaign Lead Greenpeace).

Dalam ulasannya, kedua pembicara menyampaikan peliknya masalah sampah di laut yang sejak dahulu belum mampu dituntaskan hingga hari.

“Ini perlu menjadi perhatian kita bersama karena nyatanya, 80% sampah laut berasal dari daratan. Adapun 30% di antaranya adalah sampah plastik yang sulit terurai. Ini akan berdampak panjang tidak hanya di laut tapi menyangkut berbagai aspek lainnya,” terang Chuldyah.

“Soal indeks kesehatan laut, Indonesia berada di ranking 164 dari 220 negara. Indonesia berada pada penilaian 65 dari 100 yang artinya masih di bawah rata rata nilai global yakni 70,” tambah Arifsyah.

Kedua pembicara lantas mengampanyekan laut bebas sampah mulai dari pembenahan kesadaran diri individu hingga adanya model berupa sistem yang dapat diterapkan dalam komunitas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com