Internasional

Aktivis Demokrasi ini Ditahan Saat Gelar Konferensi

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Anggota gerakan prodemokrasi, United Democrats, Rusia, ditangkap di kawasan Tatarstan, Sabtu (25/7/2020).

Seperti dilansir AFP, pasukan khusus Rusia menangkap sejumlah anggota United Democrats, di ibukota Tatarstan, Kazan. Pasukan khusus Rusia itu menyebut mereka yang diciduk akan diperiksa terkait keterlibatan dalam aksi terorisme.

Sejauh ini belum ada penjelasan detail lainnya.

Salah seorang koordinator gerakan tersebut, Anastasia Burakova, mengatakan penangkapan itu terjadi saat rekan-rekannya sedang mengikuti konferensi yang digelar organisasi nonpemerintah, Transparency International.

“Sekitar 15 menit setelah konferensi dimulai… sekelompok polisi antihuruhara yang bermasker dan membawa senjata mesin menerobos ke dalam markas dan menahan sekitar 17 orang,” ucap Burakova.

Saat matahari terbenam, semua pria yang ditahan itu pun dibebaskan. Sementara itu, tiga perempuan yang juga ditangkap masih ditahan di kantor polisi.

Kelompok United Democrats ini sendiri masih terbilang muda. Ia dibentuk dan beraktivitas sejak 2018 silam oleh sekelompok kandidat independen.

United Democrats sendiri mengklaim sejak september lalu berhasil membantu 139 kandidat independen terpilih di St Petersburg.

 

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top