Ekonomi

Bahas Investasi, Presiden Jokowi akan Bertemu Presiden Timur Leste

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Presiden Indonesia Joko Widodo direncanakan menerima kunjungan perdana Presiden Timor Leste Francisco Guterres pada 28 Juni mendatang di Istana Bogor.

“Ada beberapa isu yang sebenarnya ingin pemerintah bahas dengan Timor Leste, yakni terkait pajak ganda, investasi, dan peningkatan konektivitas penerbangan,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Jumat (22/6/2018)

“Ini lawatan pertama Presiden Guterres meski kunjungan ke Indonesia telah direncanakan cukup lama. Karena pemerintahan Timor Leste baru terbentuk pasca-pemilihan umum beberapa waktu lalu.”

Arrmanatha mengatakan pemerintah berharap pihak Timor Leste bisa memberi tahu detail dan posisi lengkap terkait isu yang akan diangkat dalam pertemuan kedua pemimpin dalam beberapa hari ke depan.

Dia juga mengatakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pertemuan Jokowi dan Guterres nanti adalah penguatan kerja sama ekonomi kedua negara. 

Sejauh ini, paparnya, kerja sama ekonomi Dili dan Jakarta terus menguat. Hal itu terlihat dari besarnya investasi pemerintah di negara yang sempat jadi wilayahnya itu.

Di Tahun 2016, kata Arrmanatha, Indonesia setidaknya telah menggelontorkan US$600 juta dana investasi dalam bentuk 18 proyek di Timor Leste. Beberapa perusahaan BUMN Indonesia juga turut memarkirkan dana investasi mencapai US$595 juta di negara tersebut.

“Beberapa BUMN seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Pertamina, hingga Telkom juga ikut menggelontorkan investasi ke Timor Leste. Indonesia juga sedang menjajaki kerja sama pembangunan jalan tol dengan Timor Leste meski ini belum final,” kata Arrmanatha.

Lebih lanjut, dia mengatakan kedekatan Indonesia dan Timor Leste secara sejarah dan geografis mengharuskan kedua negara membina serta memanfaatkan hubungan bilateral sebaik mungkin.

sumber : cnn

To Top