Nasional

Dukung KPK Usut Dugaan Korupsi Formula E, Ketua DPRD DKI : Sejalan dengan Hak Interpelasi, Demi Kepentingan Publik!

Ilustrasi KPK

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Lembaga anti Rasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menyelidiki kasus dugaan korupsi Formula E DKI Jakarta.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pun ikut mendukung KPK mengusut tuntas dugaan korupsi Formula E di Ibu Kota. Prasetio menegaskan penyelidikan yang dilakukan KPK sejalan dengan tujuan 33 Dewan mengajukan hak interpelasi terkait Formula E.

“Langkah KPK tersebut sejalan dengan kepentingan 33 anggota DPRD pengusul hak interpelasi. Bila KPK memproses pelanggaran hukum, kami di DPRD DKI Jakarta menjalankan fungsi untuk mengawasi kerja pemerintah daerah,” kata Prasetio dalam keterangannya, Jumat (5/11/2021).

Ia meyakini KPK sebagai lembaga antirasuah telah mengantongi bukti permulaan kuat hingga laporan dari warga itu naik ke penyelidikan. Dia pun akan menunggu proses hukum yang tengah bergulir.

“Selanjutnya kita ikuti saja prosesnya apakah akan naik ke proses penyidikan atau seperti apa nantinya. Dalam hal ini saya menekankan bahwa serupiah pun uang rakyat yang digunakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bisa dipertanggungjawabkan,” tutur Prasetio.

Prasetio bahkan menyebut, bergulirnya penyelidikan di KPK semakin membuktikan bahwa interpelasi tak sarat akan kepentingan politik.

“Ini menguatkan bahwa niat kami di DPRD menggulirkan hak interpelasi sungguh-sungguh untuk kepentingan publik. Bukan kepentingan politik,” tegasnya.

Sebelumnya, KPK mulai menyelidiki kasus dugaan korupsi Formula E DKI Jakarta. KPK pun telah meminta keterangan kepada beberapa pihak untuk mengumpulkan data perihal kasus ini.

“Betul, KPK sedang meminta permintaan keterangan dan klarifikasi kepada beberapa pihak guna mengumpulkan bahan data dan keterangan ataupun informasi yang diperlukan oleh tim penyelidik,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (4/11).

Ali menerangkan, pengusutan kasus dugaan korupsi Formula E DKI Jakarta ini merupakan tindak lanjut laporan dari masyarakat. Ali menyebut pihaknya saat ini dalam tahap penyelidikan untuk pengumpulan keterangan.

Baca Juga :   Menkeu Sri Mulyani Bongkar Asal Uang yang Dipakai Jokowi Bagi-bagi Banpres

“Kegiatan ini tentu sebagai tindak lanjut dari informasi yang disampaikan masyarakat ihwal penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta kepada KPK. Namun, karena masih proses awal pengumpulan bahan keterangan, maka materi penyelidikan tidak bisa kami sampaikan saat ini,” ucapnya. (int/dtk)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com