Ekonomi

Harga Cabai dan Bawang Merah Merangkak Naik

 
 
BANDUNG, EDUNEWS.ID – Harga kebutuhan pokok di pasar Ciwastra, Mekarjaya, Kota Bandung, terus merangkak naik beberapa pekan terakhir. Kenaikan harga di antaranya pada bawang merah, cabe rawit hijau, dan kacang tanah.
Menurut diberitakan RMOLJabar.Com, harga bawang merah dari Rp 29 ribu per kilogram (kg) kini naik di kisaran Rp 32 ribu per kg. Kacang tanah Rp 27 ribu per kg dari Rp 22 ribu per kg, sedangkan cabai rawit hijau ada kenaikan Rp 3 ribu dari semula Rp 35 ribu per kg.
Salah satu pedagang di Pasar Ciwastra, Endah mengaku pembeli masih ramai, apalagi dirinya sudah punya pelanggan tetap. Sementara, pedagang kuliner seblak ,Eti mengeluh terpaksa menambah biaya bahan pembuatan, seperti cabai rawit hijau.
“Walaupun harga cabai rawit hijau mengalami kenaikan harga dan cukup melebihi anggaran sebelumnya, mau gimana lagi karena bahan tersebut sudah menjadi kebutuhan untuk berdagang,” tutur Eti.
Faktor cuaca ditengarai penyebab harga bahan pangan kian melejit. Stok yang dipasok pun tidak seperti biasanya. Terkadang cabai rawit hijau pun terkadang dalam kondisi kering dan tidak layak untuk dikonsumsi.

To Top